Masjid Jamia Kashmir 2 Tahun Digembok, India Kekang Kebebasan Beragama

Jum'at, 17 Desember 2021 - 00:15 WIB
loading...
Masjid Jamia Kashmir 2 Tahun Digembok, India Kekang Kebebasan Beragama
Masjid Jamia Kashmir 2 Tahun Digembok, India Kekang Kebebasan Beragama. FOTO/Reuters
A A A
KASHMIR - Masjid terbesar di pusat kota Kashmir yang dikelola India , sebagian besar tetap ditutup selama dua tahun terakhir. Penutupan dilakukan di tengah perselisihan sengit antara otoritas India dan Muslim Kashmir.

Masjid Jamia yang berusia berabad-abad mendominasi lingkungannya di Srinagar dengan gerbang utama yang megah dan menara besar. Bangunan yang terbuat dari batu bata dan kayu ini merupakan salah satu masjid tertua di kota berpenduduk 1,2 juta jiwa itu, di mana 96 persen penduduknya adalah Muslim.



Di masa lalu, masjid ini kerap dihadiri ribuan orang untuk salat. Dengan 378 tiang kayu, masjid ini dapat menampung 33.000 jamaah. Pada acara-acara khusus selama bertahun-tahun, ratusan ribu Muslim memenuhi jalur dan jalan terdekat untuk berdoa yang dipimpin dari masjid.

Namun, pihak berwenang India melihat masjid itu sebagai tempat masalah – pusat saraf untuk protes dan bentrokan yang menantang kedaulatan New Delhi atas wilayah Kashmir yang disengketakan, yang diklaim secara keseluruhan oleh India dan Pakistan yang menguasai sebagiannya.

Di tengah ketegangan ini, sebagian besar masjid telah ditutup selama dua tahun terakhir. Imam kepala masjid telah ditahan di dalam rumahnya hampir tanpa henti sepanjang waktu itu, dan gerbang utama masjid digembok dan diblokir dengan lembaran timah bergelombang pada hari Jumat.



Penutupan masjid, yang dihormati oleh sebagian besar penduduk Muslim Kashmir yang dikelola India, telah memperdalam kemarahan di antara mereka. “Ada sesuatu yang hilang jauh di lubuk hati saya,” kata Bashir Ahmed (65), seorang pensiunan pegawai pemerintah yang telah salat di masjid itu selama lebih dari 50 tahun.

Pihak berwenang India menolak untuk mengomentari pembatasan masjid meskipun pertanyaan berulang kali dari kantor berita The Associated Press. Di masa lalu, para pejabat mengatakan pemerintah terpaksa menutup masjid karena komite manajemennya tidak dapat menghentikan protes anti-India di tempat itu.

Penutupan masjid berusia 600 tahun itu terjadi dalam tindakan keras yang dimulai pada 2019, setelah pemerintah mencabut status semi-otonom Kashmir yang dikelola India. Dalam dua tahun terakhir, beberapa masjid dan tempat suci lainnya di kawasan itu – juga ditutup selama berbulan-bulan karena tindakan keras keamanan dan pandemi berikutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1263 seconds (0.1#10.140)