Miliarder AS Serahkan 180 Barang Seni Curian Senilai Lebih dari Rp1 Triliun

Selasa, 07 Desember 2021 - 20:53 WIB
loading...
A A A


Vance mencatat bahwa barang antik akan dikembalikan ke pemiliknya yang sah daripada disimpan sebagai bukti selama bertahun-tahun yang diperlukan untuk menyelesaikan dakwaan dan persidangan dewan juri.

"Resolusi ini juga memungkinkan kantor saya untuk melindungi identitas banyak saksi di sini dan di luar negeri yang namanya akan dirilis di persidangan mana pun, untuk melindungi integritas investigasi paralel di masing-masing dari 11 negara dengan siapa kami melakukan penyelidikan bersama," katanya.

Berdasarkan ketentuan perjanjian, Steinhardt telah menyerahkan The Stag's Head Rhyton, sebuah kapal upacara spektakuler dalam bentuk kepala rusa yang berasal dari 400 SM dan muncul tanpa asal di pasar setelah penjarahan di Milas, Turki. Nilainya USD3,5 juta atau lebih dari Rp50 miliar.

Harta karun lainnya termasuk Ercolano Fresco, yang menggambarkan bayi Hercules mencekik seekor ular yang dikirim oleh Hera untuk membunuhnya, yang telah dibeli dari pedagang barang antik yang dihukum seharga USD650 ribu atau sekitar Rp9,3 miliar pada tahun 1995, tahun di mana benda itu dijarah dari sebuah vila Romawi di reruntuhan Herculaneum, dekat Napoli modern. Hari ini, benda itu telah dihargai USD1 juta atau sekitar Rp14,3 miliar.



Lebih dari 15 tahun, Prof Christos Tsirogiannis, seorang arkeolog terkemuka, telah mengidentifikasi lebih dari 1.550 artefak yang dijarah di dalam rumah lelang, galeri komersial, koleksi pribadi, dan museum. Seorang mantan arkeolog lapangan senior di Universitas Cambridge, dia sekarang menjadi profesor di institut studi lanjutan di Universitas Aarhus di Denmark, dan membantu mengamankan repatriasi barang antik dengan memperingatkan Interpol serta pihak berwenang lainnya.

“Banyak dari lusinan barang antik yang saya identifikasi dalam koleksi Steinhardt – menggunakan arsip fotografi yang disita dari para pedagang dan pedagang yang dihukum – muncul pertama kali di dealer dan rumah lelang 'paling bereputasi' di dunia," ujarnya kepada Guardian.

“Saya pertama kali memberi tahu kantor Kejaksaan Distrik di New York tentang kasus Steinhardt pada November 2014, ketika saya mengidentifikasi idola Sardinia prasejarah yang sangat langka, senilai USD800.000-USD1,2 juta, dilelang oleh Steinhardt di Christie's di New York. Saya menemukan gambar idola yang sama, hancur berkeping-keping, di arsip yang disita dari penjual barang antik terkenal dan terpidana Giacomo Medici. Benda itu ditarik dan dipulangkan ke Italia. Kasus ini secara bertahap mengarah ke penggerebekan di kantor dan rumah Steinhardt dengan hasil yang kita lihat hari ini,” tuturnya.

Dalam sebuah pernyataan, pengacara Steinhardt mengatakan: "Tuan Steinhardt senang bahwa penyelidikan jaksa wilayah selama bertahun-tahun telah berakhir tanpa tuduhan apa pun, dan bahwa barang-barang yang diambil secara salah oleh orang lain akan dikembalikan ke negara asal mereka."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)