Profil Xi Jinping, Anak Pembangkang Partai Komunis yang Jadi Penguasa China

Sabtu, 04 Desember 2021 - 13:04 WIB
loading...
A A A


Negara ini menjadi lebih tegas di panggung global, dari kekuatannya yang terus berlanjut di Laut China Selatan meskipun ada protes internasional, hingga penerapan kekuatan lunaknya dengan memompa miliaran dolar ke dalam investasi Asia dan Afrika.

China telah disertai dengan kebangkitan nasionalisme patriotik yang dikobarkan oleh media pemerintah, dengan fokus khusus pada Xi Jinping sebagai orang kuat China, yang menyebabkan beberapa orang menuduhnya mengembangkan kultus kepribadian seperti Mao Zedong.

Di dalam negeri, Xi telah mengobarkan perang melawan korupsi yang telah menghukum lebih dari satu juta "harimau dan lalat"—sebuah referensi untuk pejabat tinggi dan rendah Partai Komunis China.

Beberapa pengamat percaya kampanye itu ditujukan untuk membasmi lawan, dan merupakan bagian dari serangkaian manuver politik oleh Xi Jinping yang bertujuan untuk mengonsolidasikan kekuasaannya.

Sebagai tanda yang jelas dari pengaruh Xi Jinping, Partai Komunis China memilih, pada tahun 2017, untuk menulis filosofinya, yang disebut "Pemikiran Xi Jinping tentang Sosialisme dengan Karakteristik China untuk Era Baru" ke dalam konstitusi China.

Hanya Mao Zedong dan Deng Xiaoping, yang memperkenalkan reformasi ekonomi pada 1980-an, yang berhasil menjadi hukum dasar negara yang sangat penting.

Di bawah Xi, China telah melihat peningkatan tindakan keras terhadap kebebasan, dari meningkatnya sensor online hingga penangkapan para pembangkang dan pengacara hak asasi manusia, membuat beberapa orang menggambarkan Xi Jinping sebagai "pemimpin paling otoriter sejak Mao Zedong". Dan pemblokiran semakin intensif.

Di provinsi Xinjiang, kelompok-kelompok hak asasi manusia percaya bahwa pemerintah telah menahan lebih dari satu juta Muslim Uighur selama beberapa tahun terakhir di tempat yang didefinisikan negara sebagai kamp "pendidikan ulang". Ada juga bukti bahwa orang-orang Uighur digunakan sebagai kerja paksa dan wanita disterilisasi secara paksa.

Sejumlah negara seperti Amerika Serikat dan Inggris menuduh China melakukan genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan melalui penindasannya terhadap Uighur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1550 seconds (0.1#10.140)