Profil Xi Jinping, Anak Pembangkang Partai Komunis yang Jadi Penguasa China

Sabtu, 04 Desember 2021 - 13:04 WIB
loading...
A A A
Pada 2019, ribuan orang di Hong Kong memprotes rencana untuk mengizinkan ekstradisi ke China daratan. Ketika rancangan undang-undang (RUU) itu ditangguhkan, protes tumbuh menjadi pawai pro-demokrasi, dengan aktivis menyerukan hak pilih universal.

Xi Jinping mengakhiri protes dengan menandatangani Undang-Undang Keamanan Nasional pada tahun 2020. Undang-undang tersebut memberi Beijing kekuatan untuk membentuk kembali kehidupan di Hong Kong, mengkriminalisasi apa yang disebutnya pemisahan diri, subversi dan kolusi dengan pasukan asing, dengan hukuman maksimum seumur hidup di penjara.

Sejumlah aktivis telah diadili di bawah undang-undang baru, dengan aktivis Joshua Wong, Agnes Chow dan Ivan Lam dijatuhi hukuman karena keterlibatan mereka dalam protes 2019.

Di bawah kepemimpinan Xi Jinping, China telah mengintensifkan fokusnya pada Taiwan, mengancam akan menggunakan kekuatan militer untuk mencegah setiap langkah menuju kemerdekaan formal di sana.

Beijing memandang Taiwan sebagai provinsi yang memisahkan diri, tetapi Taiwan yang demokratis melihat dirinya sebagai negara berdaulat.

April lalu, Beijing meningkatkan tekanan, mengirimkan sejumlah rekor jet militer ke wilayah udara Taiwan. Menurut Kementerian Pertahanan Taiwan, sudah ratusan pesawat termasuk pesawat tempur dan pengebom berkemampuan nuklir memasuki apa yang disebut zona identifikasi pertahanan udara.

Ketika ditanyai tentang Xinjiang, Taiwan dan Hong Kong, China tetap menentang, menggambarkan mereka sebagai "urusan dalam negeri".

Berbicara di Kongres Rakyat Nasional pada awal 2021, Xi memperingatkan para delegasi bahwa negara itu menghadapi tantangan besar. Namun pidatonya juga mengirimkan pesan kepada dunia tentang kekuatannya yang meningkat.

"Tidak ada yang bisa mengalahkan kami dan mencekik kami," katanya kepada para delegasi.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1772 seconds (0.1#10.140)