Prancis Berhasil Habisi Pemimpin Al-Qaeda Afrika Utara

Sabtu, 06 Juni 2020 - 10:18 WIB
loading...
Prancis Berhasil Habisi Pemimpin Al-Qaeda Afrika Utara
Pemimpin al-Qaeda di Afrika utara, Abdelmalek Droukdel, tewas dalam sebuah operasi yang dilakukan Prancis di Mali. Foto/BBC
A A A
BAMAKO - Prancis mengatakan telah membunuh pemimpin al-Qaeda di Afrika utara, Abdelmalek Droukdel, dalam sebuah operasi di Mali.

Menteri Pertahanan Prancis, Florence Parly mengatakan, Droukdel bersama dengan anggota lingkaran dalamnya telah tewas di utara negara itu pada hari Rabu lalu.

Pasukan Perancis juga telah menangkap seorang komandan kelompok Negara Islam (IS dulu ISIS) senior di Mali dalam sebuah operasi pada bulan Mei.

"Operasi yang berani telah memberikan pukulan telak kepada kelompok-kelompok teroris," katanya seperti dikutip dari BBC, Sabtu (6/6/2020).

"Pasukan kami, bekerja sama dengan mitra mereka di Sahel, akan terus memburu mereka tanpa henti," katanya.

Sebagai kepala al-Qaeda in Islamic Maghreb (AQIM), Droukdel bertanggung jawab atas semua afiliasi di Afrika utara dan juga memimpin afiliasi al-Qaeda di wilayah Sahel, Jamaat Nusrat al-Islam wal-Muslimin (JNIM).

Di bawah kepemimpinannya AQIM melakukan banyak serangan mematikan, termasuk serangan pada tahun 2016 di sebuah hotel di Ibu Kota Burkina Faso, Ouagadougou, yang menewaskan 30 orang dan 150 lainnya luka-luka.

Pada 2012 dia dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan di Aljazair dalam persidangan in absentia karena pembunuhan, keanggotaan organisasi teroris dan serangan menggunakan bahan peledak.

Ia juga terkait dengan tiga serangan bom di ibukota Aljazair pada April 2007 yang menewaskan 22 orang dan melukai lebih dari 200 lainnya.

Jihadis veteran Aljazair ini adalah salah satu komandan paling terkenal di wilayah Afrika-Sahara utara, melakukan kampanye kekerasan pertama di Aljazair kemudian melawan pasukan Prancis dan pasukan lainnya di Mali.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1563 seconds (0.1#10.140)