Pascabentrok dengan Pasukan China, India Tempatkan Rudal Jelajah di Himalaya

Rabu, 03 November 2021 - 21:30 WIB
loading...
Pascabentrok dengan Pasukan China, India Tempatkan Rudal Jelajah di Himalaya
Pasukan India bersiaga di perbatasan Himalaya dengan China. FOTO/Al Jazeera
A A A
NEW DELHI - India mengerahkan rudal jelajah , howitzer, helikopter, dan drone buatan Israel di sepanjang perbatasan mereka dengan China di wilayah pegunungan Himalaya. Setahun setelah bentrokan mematikan di dataran tinggi dengan tentara China, India memang meningkatkan pertahanan perbatasannya di sepanjang wilayah pegunungan yang berbahaya.

Wilayah pegunungan ini telah lama menjadi titik kritis antara kedua negara. Arunachal Pradesh, yang melintasi sisi lain Himalaya dari Tibet, menjadi wilayah rawan bentrokan pasukan kedua negara. Beijing juga mengklaim kepemilikan Arunachal Pradesh – yang disebut sebagai Tibet Selatan – dan secara singkat menduduki sebagian besar wilayah itu.



Ketegangan kembali berkobar sejak pertengahan tahun 2020, ketika pasukan dari kedua negara bertempur satu lawan satu di sepanjang perbatasan bersama mereka di Ladakh. Bentrokan itu menewaskan sedikitnya 20 tentara India dan 4 tentara China.

Masing-masing pihak secara rutin mengirim patroli ke daerah-daerah yang diklaim atau dikendalikan oleh pihak lain. India juga menuduh China membangun pemukiman permanen di dekat perbatasan. “Kami telah mengamati beberapa pembangunan infrastruktur di pihak China,” kata komandan pasukan India, Letnan Jenderal Manoj Pande, seperti dikutip dari Al Jazeera, Rabu (3/11/2021).

“Itu telah menyebabkan [lebih banyak] jumlah pasukan yang sekarang ditempatkan atau ditempatkan di sana,” lanjutnya. Selain rudal jelajah dan howitzer, India juga mengerahkan helikopter angkut Chinook buatan Amerika Serikat dan drone yang dibangun di Israel.



Wilayah tempat pasukan India dan China bersiaga memang berada di lokasi yang ekstrim. Temperatur di sekitar dusun strategis sering turun di bawah nol dan udara pegunungan yang tipis kekurangan oksigen. Pos-pos militer terdekat dapat terputus dari dunia luar selama berminggu-minggu di musim dingin.

"Geografi kawasan itu bertentangan dengan manusia," kata seorang brigadir tentara India kepada kantor berita AFP. "Ini bisa berakibat fatal jika seseorang tidak sepenuhnya fit, terlatih atau menyesuaikan diri," lanjutnya.

Insinyur Angkatan Darat sedang membangun terowongan jalan besar di ketinggian 4.000 meter di atas permukaan laut, diharapkan akan dibuka tahun depan, untuk menghubungkan daerah itu dengan rute arteri lebih jauh ke selatan dan memperluas jangkauan tentara.



“Terowongan ini akan berarti konektivitas segala cuaca bagi penduduk setempat dan pasukan keamanan yang ditempatkan di Tawang,” kata Kolonel Parikshit Mehra, direktur proyek.

Proyek serupa sedang berlangsung di Ladakh di bawah medan berbatu dari celah gunung Zojila – jika tidak dapat dilewati selama bulan-bulan musim dingin – yang akan membantu pasukan dengan cepat memobilisasi di perbatasan dari garnisun besar India di Kashmir yang dikelola India.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1460 seconds (0.1#10.140)