China kepada AS: Menjauh dari Laut China Selatan

Kamis, 21 Oktober 2021 - 03:08 WIB
loading...
A A A
Armada Pasifik AS belum mengungkapkan di mana tabrakan USS Connecticut terjadi. Pernyataan yang dikeluarkan hanya mencatat di perairan internasional di kawasan Indo-Pasifik.



Meski begitu, sebuah laporan Institut Angkatan Laut AS mengatakan insiden itu terjadi di Laut China Selatan, yang mengakibatkan 11 orang di dalam kapal selam bertenaga nuklir itu cedera. Angkatan Laut AS mengatakan insiden itu sedang diselidiki.

Bagaimanapun, tanggal peristiwa yang dikonfirmasi, menunjukkan bahwa kapal selam itu berada di wilayah tersebut bersamaan dengan tiga kelompok kapal induk, yang dipimpin oleh AS, melakukan latihan 17 kapal perang di Pasifik Barat. China meresponsnya dengan mengirim 150 pesawat militer dalam lima hari ke wilayah udara internasional di barat daya Taiwan untuk latihannya sendiri yang ditujukan ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

China telah memanfaatkan kecelakaan itu untuk memperbarui seruan agar pasukan AS menjauh dari kawasan itu, di mana para analis mengatakan militer China ingin memperluas dan mengerahkan dominasinya sendiri.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1979 seconds (0.1#10.140)