China kepada AS: Menjauh dari Laut China Selatan

Kamis, 21 Oktober 2021 - 03:08 WIB
loading...
China kepada AS: Menjauh dari Laut China Selatan
China meminta AS menjauh dari Laut China Selatan. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - China menyerukan kepada Amerika Serikat (AS) untuk mengakhiri operasi militer di Laut China Selatan . China juga menuduh AS kurang transparan dan membuat waswas negara-negara regional

Itu dilakukan setelah sebuah kapal selam AS menabrak objek misterius di wilayah perairan yang diperebutkan itu.

Juru bicara Kementerian Pertahanan China Ta Kefei mengatakan Washington telah mengambil pendekatan rahasia untuk menangani insiden yang melibatkan kapal selam USS Connecticut yang bertabrakan dengan objek bawah air misterius pada 2 Oktober.

Armada Pasifik AS sebelumnya telah mengkonfirmasi insiden itu melalui sebuah pernyataan enam hari kemudian, mengatakan tidak ada pelaut yang terluka parah dan kapal itu sedang menuju perbaikan di Guam. Tan menyebut pemberitahuan itu singkat dan ambisius, serta membutuhkan klarifikasi lebih lanjut.

Baca juga: Kapal Selam Nuklir AS Tabrakan dengan Kapal Selam atau Instalasi Pengeboran Minyak?

"Militer Amerika Serikat telah sering mengirim platform senjata canggih seperti kapal induk, pembom strategis, dan kapal selam nuklir untuk melenturkan ototnya dan menimbulkan masalah di Laut China Selatan dengan dalih kebebasan navigasi dan penerbangan," kata Tan dalam pernyataannya yang dimuat situs Kementerian Pertahanan China.



"Ini adalah akar penyebab insiden ini," tambahnya.

"Tindakan Amerika Serikat yang disebutkan di atas pasti akan memengaruhi keselamatan navigasi, menyebabkan kekhawatiran dan keresahan serius di antara negara-negara pesisir Laut China Selatan," katanya seperti dikutip dari Newsweek, Kamis (21/10/2021).

Ia pun menyerukan agar AS menghentikan pengintaian dan operasi kebebasan navigasi di Laut China Selatan.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1568 seconds (10.177#12.26)