Kisah Bapak Nuklir Pakistan Diburu CIA, MI6 dan Mossad tapi Selalu Lolos

Rabu, 13 Oktober 2021 - 02:23 WIB
loading...
Kisah Bapak Nuklir Pakistan Diburu CIA, MI6 dan Mossad tapi Selalu Lolos
Dr Abdul Qadeer Khan, Bapak bom nuklir Pakistan yang dimusuhi Barat meninggal dunia, Minggu (10/10/2021). Foto/REUTERS
A A A
ISLAMABAD - Dr Abdul Qadeer (AQ) Khan, ilmuwan yang dipuji-puji sebagai "Bapak Bom Nuklir Pakistan " meninggal di usia 85 tahun akibat COVID-19 pada Minggu (8/10/2021). Selama hidupnya, dia diburu para agen CIA Amerika Serikat (AS), MI6 Inggris, dan Mossad Israel karena berbagi rahasia pembuatan senjata nuklir dengan Korea Utara, Iran, dan Libya.

Lahir di India pada tahun 1936, Khan pindah bersama keluarganya ke Pakistan tahun 1952 setelah pemisahan kedua negara.



Tahun 1972, pada usia 36 tahun, dia dikirim untuk mengambil spesialisasi di laboratorium dan workshop Belanda, yang merupakan bagian dari konsorsium URENCO Eropa, membangun sentrifugal untuk memperkaya uranium.

Khan mencuri dokumen dan rencana mereka tetapi kemudian, pada tahun 1975, aksinya dibocorkan oleh intelijen Belanda. Khan akhirnya melarikan diri ke Pakistan. Setelah pulang ke Tanah Air, dia membujuk Perdana Menteri (PM) Pakistan Zulfiqar Ali Bhutto untuk memulai program nuklir untuk menandingi senjata nuklir India. PM Bhutto kala itu masih enggan.

Secara kebetulan, pada tahun yang sama, Arnon Milchan, calon taipan Hollywood dan kemudian menjadi mata-mata Israel, juga terlibat dalam pencurian serupa.

Menurut laporan yang ditulis penulis dan jurnalis Haaretz yang berbasis di Israel, Yossi Melman, Milchan dan unit intelijen "Biro Penghubung Ilmiah" Israel membeli gambar sentrifugal URENCO dari seorang insinyur Jerman dan membangun sentrifugal serupa di Dimona untuk senjata nuklir Israel.

Pakistan melakukan uji coba senjata nuklir publik pertamanya pada tahun 1998, ketika Nawaz Sharif menjadi perdana menteri, tetapi diyakini telah mencapai kemampuan nuklir setidaknya beberapa tahun sebelumnya.

Setelah membantu negara asalnya membangun persenjataan nuklir yang signifikan, Khan pensiun dan membuka bisnis swasta yang tidak biasa.

Dia mendirikan toko di Dubai dan dari sana menjalankan jaringan penolong, insinyur, kontraktor, dan pemodal global yang berbelit-belit dan rahasia, menawarkan kepada negara-negara lain tentang pengetahuan nuklir, keahlian, teknologi, dan peralatannya.

Jaringan tersebut menyewa workshop, pabrik, kantor, dan pusat komputer di beberapa negara termasuk Malaysia, Korea Utara, dan Swiss, untuk beberapa nama.

Berbalut aura jenius nuklir yang memfasilitasi "bom nuklir Muslim" pertama, AQ Khan bepergian secara ekstensif selama akhir 1980-an dan awal 1990-an di seluruh Timur Tengah, menawarkan jasanya.

Mesir, Arab Saudi, Aljazair, dan bahkan Suriah menolak pendekatan bom nuklir untuk tentara mereka dengan uang. Iran dan Libya memang menerima, tetapi mengubah persyaratan dan ruang lingkup tawaran tersebut.

Karena kekurangan infrastruktur dan keahlian ilmiah yang serius, pemimpin Libya saat itu, Muammar Gadhafi, meminta Khan dan timnya untuk memberi Tripoli proyek turn-key di mana Khan akan bertanggung jawab untuk menyerahkan kapasitas nuklir yang telah selesai.

Iran pasca-revolusi, di sisi lain, sebagai negara yang bangga dengan program nuklir yang sudah relatif maju yang dikembangkan selama pemerintahan Shah, dan universitas-universitas dan ilmuwan yang baik yang pernah belajar di Barat, memilih jalannya sendiri.

Iran membeli dari Khan gambar dan rencana sentrifugal Pakistan yang dikenal sebagai P1 dan P2. Ilmuwan Iran, dipimpin oleh Dr Mohsen Fakhrizadeh, yang baru-baru ini ditembak mati oleh tim pembunuh Mossad, membangun sentrifugal mereka sendiri, menamainya Ir-1 dan Ir-2.

Sentrifugal asli ini, yang telah ditingkatkan dan ditingkatkan lagi oleh Iran sejak saat itu menjadi lebih cepat dan lebih efisien, melanjutkan seri dengan menyebutnya Ir-3-4-5-6-7, sekarang berputar di fasilitas pengayaan uranium Natanz dan Fordow dan adalah perhatian utama bagi Israel, AS, dan dunia Barat dalam hal program dan niat nuklir Iran.

Badan intelijen Israel, yang saat itu dipimpin oleh kepala Mossad Shabtai Shavit, mencatat perjalanan Khan di wilayah tersebut. Tetapi, seperti yang dikatakan Shavit kepada Yossi Melman satu setengah dekade yang lalu, Mossad dan Aman (intelijen militer Israel) tidak mengerti apa yang sedang dilakukan Khan.

Shavit menambahkan bahwa jika dia dan rekan-rekannya menafsirkan dengan benar niat Khan, dia akan mempertimbangkan untuk mengirim tim Mossad untuk membunuh Khan dan dengan demikian "mengubah jalannya sejarah", setidaknya dalam konteks hubungan Israel-Iran.

Pada akhirnya yang mengekspos jaringan Khan adalah Khadafi.

Setelah AS menginvasi Irak pada tahun 2003, pemimpin Libya khawatir bahwa dia adalah target berikutnya. Dia bergegas untuk menyelesaikan masalahnya dengan AS dan Inggris, termasuk dukungannya untuk kelompok teror di seluruh dunia dan keterlibatannya dalam pengeboman Pan Am 1988 atas Lockerbie di Skotlandia.

Gaddafi mulai bernegosiasi dengan CIA dan MI6 Inggris dan mengungkapkan kepada mereka, lengkap dengan dokumentasi lengkap, bagaimana jaringan Khan membangun situs nuklir untuknya, beberapa disamarkan sebagai peternakan ayam.

CIA dan MI6, bersama dengan layanan yang baik dari Badan Energi Atom Internasional (IAEA), akhirnya membongkar program nuklir dan kimia Libya.

Namun CIA dan MI6 menyembunyikan dan mendepartmentalisasikan negosiasi dengan Khadafi, sampai-sampai Mossad dan Aman terkejut ketika mendengar berita itu di BBC pada Desember 2004.

Akibatnya, setelah dibiarkan dalam kegelapan, Israel mulai menggali lebih dalam ke file masa lalu dan tips informasi dan akhirnya menemukan bahwa Suriah sedang membangun reaktor nuklir di padang pasir, meskipun Khan dan Iran tidak ada hubungannya dengan itu.

Reaktor Suriah yang bertujuan untuk memproduksi plutonium dibangun dengan bantuan Korea Utara dan dihancurkan pada September 2007 oleh Angkatan Udara Israel.

Pengungkapan jaringan Libya-Amerika-Inggris melalui IAEA, yang berfungsi secara efektif sebagai binatu yang mencuci sumber informasi, meningkatkan tekanan internasional pada aspirasi nuklir Iran, berdasarkan paparan bersamaan dari dokumentasi nuklir yang telah dijual Khan ke Teheran.

Pada tahun 2006, anggota Dewan Keamanan PBB, termasuk Rusia dan China, memberlakukan sanksi berat terhadap Iran.

Sanksi itu akhirnya memaksa Iran untuk menyerah, dan Iran merangkak ke meja perundingan dan pada 2015 menandatangani kesepakatan nuklir JCPOA dengan enam kekuatan utama dunia.

Kesepakatan itu merumuskan persetujuan Iran untuk memperlambat dan bahkan membongkar elemen program nuklirnya dengan imbalan pencabutan sanksi secara bertahap.

Sayangnya, pada tahun 2018, Presiden AS Donald Trump, didorong oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan pemimpin Mossad-nya Yossi Cohen, menarik diri dari kesepakatan JCPOA. Iran sekarang lebih dekat menjadi negara bersenjata nuklir daripada pada 2018, mendekati target yang fondasinya diletakkan oleh Khan.

Khan tidak hanya lolos dari tangan Mossad, CIA juga memiliki kesempatan untuk menghentikan peran nuklir Khan di Pakistan dan bisnis proliferasi nuklir lepas berikutnya.



Bertahun-tahun setelah Khan melarikan diri dari Belanda pada tahun 1975, Perdana Menteri Belanda Ruud Lubbers mengungkapkan bahwa CIA sudah mengetahui tentang Khan dan keterlibatannya dalam menjarah teknologi nuklir, tetapi AS tidak berbuat banyak untuk menghentikan Pakistan mendapatkan senjata nuklir.

Tapi CIA terus mengikuti Khan dan berhasil menembus usaha pribadinya di Dubai. Ternyata salah satu lawan bicara Khan dari Swiss bekerja untuk CIA. Jaringan rusak; beberapa anggotanya ditangkap.

Tiga spesialis teknik Swiss, yang menjual suku cadang sentrifugal Khan dari lokasi produksi di Swiss, Dubai dan Malaysia, sedang diselidiki. Ketika mereka akhirnya dijatuhi hukuman di Swiss pada 2012, mereka menghindari hukuman penjara; dilaporkan secara luas bahwa CIA telah mendesak tawar-menawar pembelaan mengingat kolaborasi para insinyur dengan dinas intelijen.

Ketika peran Khan di Libya terbongkar pada tahun 2004, pihak berwenang Pakistan, di bawah tekanan internasional yang kuat, "mewawancarainya", menghindari dakwaan formal, atas tuduhan menjual rahasia nuklir secara ilegal.

Pihak berwenang Pakistan saat itu menolak mengizinkan IAEA untuk menanyai Khan. Sebaliknya, mereka berjanji untuk menginterogasinya sebagai gantinya. Hal ini menyebabkan akuntansi yang tidak lengkap tentang transaksi Khan.

Tak lama setelah itu, Khan muncul di televisi pemerintah untuk mengaku dan meminta maaf karena membocorkan rahasia nuklir ke negara lain, sambil membebaskan pemerintah dari segala tanggung jawab.

Setelah Khan mengaku tentang jaringan penjualan nuklir dan rahasianya di televisi nasional, dan dengan keras, dan dengan mudah, menyangkal keterlibatan atau pengetahuan negara Pakistan tentang kegiatannya, dia diampuni oleh presiden saat itu Pervez Musharraf yang menempatkannya di bawah tahanan rumah.

Namun Khan tetap menjadi pahlawan nasional di mata publik dan juga dalam perkiraan kemapanan Pakistan, yang dulu dan sekarang didominasi oleh militer. Tidak heran Perdana Menteri Pakistan Imran Khan men-tweet ucapan belasungkawanya: "Bagi rakyat Pakistan, dia adalah ikon nasional."

AQ Khan akan tercatat dalam sejarah sebagai ilmuwan yang membantu membangun bom nuklir Pakistan, pengusaha teduh yang menjadi proliferasi nuklir swasta terbesar yang pernah ada, dan sebagai "burung langka"–yang selamat di dunia mematikan geopolitik nuklir dan kontra-intelijen.

Dia adalah salah satu dari sedikit ilmuwan nuklir yang membantu musuh Israel memperoleh kapasitas militer strategis yang mengubah permainan yang tidak dibunuh oleh Mossad, dan meninggal di tempat tidurnya karena sebab alami.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1829 seconds (0.1#10.140)