Dihantam Skandal Korupsi, Kanselir Austria Mengundurkan Diri

Minggu, 10 Oktober 2021 - 07:24 WIB
loading...
Dihantam Skandal Korupsi, Kanselir Austria Mengundurkan Diri
Kanselir Austria Sebastian Kurz mengundurkan diri setelah dirinya menjadi target penyelidikan korupsi. Foto/WSJ
A A A
WINA - Kanselir Austria Sebastian Kurz mengumumkan dirinya akan mundur dalam upaya meredakan krisis pemerintahannya. Krisis dipicu pengumuman Jaksa bahwa Kurz menjadi target penyelidikan korupsi .

Kurz (35) mengatakan dia telah mengusulkan kepada presiden Austria agar Menteri Luar Negeri Alexander Schallenberg menjadi kanselir. Tapi Kurz sendiri akan tetap dalam posisi kunci di politik Austria dengan mengatakan akan menjadi kepala kelompok parlementer Partai Rakyat Austria yang konservatif.

Kurz dan rekan-rekan dekatnya dituduh berusaha mengamankan naiknya ia ke tampuk kepemimpinan partai dan negara dengan bantuan jajak pendapat yang dimanipulasi serta laporan berita yang bersahabat di media. Semua itu dibiayai dengan uang publik.

Kurz, yang menjadi pemimpin Partai Rakyat dan kemudian menjadi kanselir pada 2017, membantah telah melakukan apa yang dituduhkan kepadanya.



“Kami masih dalam fase yang sangat sensitif di Austria – pandemi belum berakhir dan peningkatan ekonomi baru saja dimulai, sementara reformasi sistem pajak negara untuk membantu mengekang emisi gas rumah kaca telah dinegosiasikan tetapi belum dilaksanakan," kata Kurz.

“Yang kami butuhkan sekarang adalah kondisi yang stabil,” imbuhnya kepada wartawan di Wina.

"Jadi, untuk menyelesaikan kebuntuan, saya ingin membuat jalan untuk mencegah kekacauan dan memastikan stabilitas," ucapnya seperti dikutip dari AP, Minggu (10/10/2021).

Dia bersikeras bahwa tuduhan terhadapnya adalah salah. "Saya akan dapat menjernihkan ini - saya sangat yakin akan hal itu," tegasnya.

Terkait permintaan mitra koalisinya, Partai Hijau, untuk penggantinya Kurz mengatakan: "Banyak yang mengatakan kepada saya bahwa ini tidak adil dan Anda dapat membayangkan bahwa saya secara pribadi juga akan berterima kasih jika asas praduga tak bersalah di negara kita benar-benar diterapkan pada semua orang."

Dia bersikeras bahwa tuduhan terhadapnya "dicampur" dengan pesan lama yang muncul dalam beberapa hari terakhir.



“Beberapa di antaranya adalah pesan yang pasti tidak akan saya rumuskan dengan cara yang sama lagi, tapi saya hanya manusia dengan emosi dan juga kekurangan,” ucapnya.

Kurz akan mempertahankan kepemimpinan partainya sekaligus menjadi ketua kelompok parlemen.

Dia menanggapi permintaan pemimpin baru yang bersih dengan menunjuk Schallenberg (52). Meskipun setia kepada Kurz, Schallenberg memiliki latar belakang diplomasi daripada politik partai.

Schallenberg sudah menjabat sebagai menteri luar negeri dalam pemerintahan sementara non-partisan yang menjalankan negara Uni Eropa berpenduduk 8,9 juta orang selama beberapa bulan setelah koalisi pertama Kurz dengan Partai Kebebasan sayap kanan runtuh pada 2019.

Keputusan ini disambut baik oleh mitra koalisinya, Partai Hijau. Pemimpin Partai Hijau, wakil kanselir Werner Kogler, menyebut keputusan Kurz sebagai langkah yang tepat dan penting.

“Artinya, kita bisa melanjutkan pekerjaan kita di pemerintahan,” katanya.



Partai Hijau mengatakan penyelidikan itu menciptakan kesan "bencana". Dalam kasus terpisah, otoritas anti-korupsi menempatkan Kurz dalam penyelidikan pada Mei atas dugaan membuat pernyataan palsu kepada komisi parlemen, tuduhan yang juga dia bantah.

Para pemimpin oposisi telah meminta Kurz untuk mundur dan berencana mengajukan mosi tidak percaya terhadapnya di parlemen pada Selasa mendatang.

Kurz menarik pemerintah itu setelah sebuah video muncul yang menunjukkan wakil kanselir dan pemimpin Partai Kebebasan pada saat itu, Heinz-Christian Strache, muncul untuk menawarkan bantuan kepada investor Rusia yang diakui.

Pemilihan parlemen reguler Austria berikutnya dijadwalkan pada 2024.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)