Dihantam Skandal Korupsi, Kanselir Austria Mengundurkan Diri

Minggu, 10 Oktober 2021 - 07:24 WIB
loading...
A A A
Dia bersikeras bahwa tuduhan terhadapnya "dicampur" dengan pesan lama yang muncul dalam beberapa hari terakhir.



“Beberapa di antaranya adalah pesan yang pasti tidak akan saya rumuskan dengan cara yang sama lagi, tapi saya hanya manusia dengan emosi dan juga kekurangan,” ucapnya.

Kurz akan mempertahankan kepemimpinan partainya sekaligus menjadi ketua kelompok parlemen.

Dia menanggapi permintaan pemimpin baru yang bersih dengan menunjuk Schallenberg (52). Meskipun setia kepada Kurz, Schallenberg memiliki latar belakang diplomasi daripada politik partai.

Schallenberg sudah menjabat sebagai menteri luar negeri dalam pemerintahan sementara non-partisan yang menjalankan negara Uni Eropa berpenduduk 8,9 juta orang selama beberapa bulan setelah koalisi pertama Kurz dengan Partai Kebebasan sayap kanan runtuh pada 2019.

Keputusan ini disambut baik oleh mitra koalisinya, Partai Hijau. Pemimpin Partai Hijau, wakil kanselir Werner Kogler, menyebut keputusan Kurz sebagai langkah yang tepat dan penting.

“Artinya, kita bisa melanjutkan pekerjaan kita di pemerintahan,” katanya.



Partai Hijau mengatakan penyelidikan itu menciptakan kesan "bencana". Dalam kasus terpisah, otoritas anti-korupsi menempatkan Kurz dalam penyelidikan pada Mei atas dugaan membuat pernyataan palsu kepada komisi parlemen, tuduhan yang juga dia bantah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1584 seconds (0.1#10.140)