Presiden Iran Pertama Pasca Revolusi Bani-Sadr Meninggal di Paris

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 20:37 WIB
loading...
Presiden Iran Pertama Pasca Revolusi Bani-Sadr Meninggal di Paris
Mantan presiden Iran Abolhassan Bani-Sadr. Foto/Reuters
A A A
PARIS - Abolhassan Bani-Sadr, yang menjadi presiden pertama Iran setelah revolusi Islam 1979 sebelum melarikan diri ke pengasingan di Prancis , meninggal pada Sabtu (9/10/2021) dalam usia 88 tahun.

"Ia meninggal di rumah sakit Pitie-Salpetriere di Paris setelah lama sakit," kata istri dan anak-anaknya di situs resmi Bani-Sadr seperti dikutip dari Reuters.

Bani-Sadr muncul untuk menjadi presiden pertama Iran pada Januari 1980 dengan bantuan ulama Islam.

Tapi setelah perebutan kekuasaan dengan ulama radikal dia melarikan diri pada tahun berikutnya ke Prancis, di mana dia menghabiskan sisa hidupnya.



Dalam mengumumkan kematiannya, pihak keluarga mengatakan di situsnya bahwa Bani-Sadr telah membela kebebasan dalam menghadapi tirani baru dan penindasan atas nama agama.

"Keluarganya ingin dia dimakamkan di Versailles, pinggiran kota Paris tempat dia tinggal selama pengasingannya," kata asistennya, Paknejad Jamaledin, kepada Reuters melalui telepon.

Dalam sebuah wawancara dengan Reuters pada tahun 2019, mantan presiden Iran itu mengatakan Ayatollah Ruhollah Khameini telah mengkhianati prinsip-prinsip revolusi setelah berkuasa pada tahun 1979. Ia menambahkan kenyataan ini telah meninggalkan rasa "sangat pahit" di antara beberapa dari mereka yang telah kembali bersamanya ke Teheran dalam kemenangan.

Bani-Sadr kemudian mengingat bagaimana 40 tahun sebelumnya di Paris, dia yakin bahwa revolusi Islam pemimpin agama itu akan membuka jalan bagi demokrasi dan hak asasi manusia setelah pemerintahan Syah.



"Kami yakin bahwa seorang pemimpin agama melakukan dirinya sendiri dan bahwa semua prinsip ini akan terjadi untuk pertama kalinya dalam sejarah kami," katanya dalam wawancara.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1267 seconds (0.1#10.140)