TV Iran Siarkan Speedboat IRGC Cegat Kapal Militer AS

Jum'at, 08 Oktober 2021 - 09:14 WIB
loading...
TV Iran Siarkan Speedboat IRGC Cegat Kapal Militer AS
Siaran stasiun televisi pemerintah Iran pada Kamis (7/10/2021) menunjukkan speedboat IRGC mengejar kapal militer AS di Teluk Persia. Foto/IRIB News
A A A
TEHERAN - Stasiun televisi (TV) rezim pemerintah Iran menyiarkan video beberapa speedboat milik Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) mencegat kapal militer Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) di Teluk Persia.

Video yang disiarkan hari Kamis (7/10/2021) menunjukkan satu kapal militer dengan bendera AS dan beberapa personel di dalamnya dikejar dua speedboat IRGC. Ada juga kapal non-Iran lainnya dalam video tersebut, namun tidak dapat diidentifikasi.



Sebuah suara dalam bahasa Persia terdengar dalam rekaman video itu: "Terus kejar mereka."

Laporan TV pemerintah Iran, IRIB News, tidak mengatakan kapan konfrontasi kapal itu terjadi.

Juru bicara Armada ke-5 Angkatan Laut AS yang berbasis di Bahrain, Timothy Hawkins, seperti dikutip AP, Jumat (8/10/2021), mengatakan dia tidak mengetahui adanya interaksi yang tidak aman dengan kapal-kapal Iran dalam dua hari terakhir.

Laporan TV pemerintah Iran mengeklaim konfrontasi kapal itu merupakan yang pertama kali dalam beberapa bulan terakhir.

Pada bulan Mei, IRGC menolak klaim Angkatan Laut AS bahwa speedboat Iran mendekati kapal militer Amerika dengan kecepatan tinggi di Selat Hormuz. Hal itu memicu ketegangan sehari setelah AS mengatakan IRGC mengirim 13 speedboat bersenjata terlalu dekat dengan kapal Angkatan Laut AS di Selat Hormuz.

Amerika Serikat pada saat itu mengatakan kapal Coast Guard-nya melepaskan tembakan peringatan ketika dua kapal Iran mendekat dengan berbahaya.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1914 seconds (0.1#10.140)