Menlu Iran: Beberapa Kesepakatan Dicapai dalam Perundingan dengan Arab Saudi

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 00:01 WIB
loading...
Menlu Iran: Beberapa Kesepakatan Dicapai dalam Perundingan dengan Arab Saudi
Menlu Iran Hossein Amir-Abdollahian. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Iran dan Arab Saudi telah mencapai beberapa kesepakatan dalam pembicaraan rekonsiliasi yang sedang berlangsung. Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Hossein Amir-Abdollahian mengatakan hal itu pada Jumat (8/10/2021).

“(Iran) dan Arab Saudi telah mencapai kesepakatan di beberapa bidang. Pembicaraan bergerak ke arah yang benar,” ungkap Amir-Abdollahian selama konferensi pers di Beirut.

“Pembicaraan kami dengan Arab Saudi adalah untuk kepentingan kawasan… Iran dan Arab Saudi adalah dua negara penting yang memainkan peran penting dalam menstabilkan keamanan di kawasan itu,” papar dia.



Iran dan Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik pada 2016.



Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan mengkonfirmasi pada Minggu bahwa negaranya telah mengadakan putaran pertama pembicaraan langsung dengan pemerintah baru Iran bulan lalu. Dia mengatakan pembicaraan sedang dalam “fase eksplorasi.”



“Diskusi ini masih dalam tahap penjajakan. Kami berharap mereka akan memberikan dasar untuk mengatasi masalah yang belum terselesaikan antara kedua belah pihak dan kami akan berusaha dan bekerja untuk mewujudkannya,” papar dia.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2174 seconds (0.1#10.140)