China Desak AS Tarik Pasukan dari Taiwan

Jum'at, 08 Oktober 2021 - 17:53 WIB
loading...
A A A
Sementara AS telah meningkatkan dukungan diplomatik dan militer untuk Taiwan sebagai tanggapan atas kampanye tekanan oleh Xi Jinping, tidak jelas apakah pengerahan itu baru atau terkait dengan upaya itu. AS telah mengecilkan interaksi militer dengan Taiwan sejak mengakhiri aliansinya dengan Taipei dan menjalin hubungan dengan Beijing pada 1979.

Kehadiran sejumlah kecil pasukan AS di pulau itu belum pernah terjadi sebelumnya. Namun, pengerahan pasukan asing di Taiwan adalah salah satu dari enam syarat yang ditetapkan komandan militer China untuk melancarkan serangan militer, menurut laporan media pemerintah pada April 2020 yang mengutip seorang pensiunan peneliti dari Pasukan Roket Tentara Pembebasan Rakyat.

Hu Xijin, pemimpin redaksi surat kabar Global Times Partai Komunis, sebelumnya meminta AS untuk mengungkapkan lokasi pasukan, menunjukkan bahwa itu akan membantu serangan China.

“Lihat apakah PLA akan meluncurkan serangan udara yang ditargetkan untuk melenyapkan penjajah AS itu!” katanya dalam sebuah tweet.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1129 seconds (0.1#10.140)