China Desak AS Tarik Pasukan dari Taiwan

Jum'at, 08 Oktober 2021 - 17:53 WIB
loading...
China Desak AS Tarik Pasukan dari Taiwan
China bereaksi terkait laporan pasukan khusus AS melatih militer Taiwan. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - China meminta Amerika Serikat (AS) untuk mematuhi perjanjiannya untuk menarik pasukan dari Taiwan . Pernyataan ini sebagai respons terhadap laporan yang menyebut pasukan khusus AS melatih militer Taiwan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mendesak AS untuk menegakkan konsensus yang membuat Washington memutuskan hubungan dengan Taipei demi Beijing lebih dari empat dekade lalu, termasuk mengakhiri pakta keamanan formalnya. Zhao menanggapi laporan bahwa sekitar dua lusin penasihat militer Amerika telah dikerahkan di pulau itu.

“Prinsip Satu China adalah fondasi politik hubungan China dan AS,” kata Zhao dalam jumpa pers reguler di Beijing.

“AS harus memutuskan hubungan diplomatik dan membatalkan perjanjian pertahanan timbal baliknya dengan Taiwan dan pasukan AS harus mundur dari Taiwan,” serunya seperti dikutip dari Bloomberg, Jumat (8/10/2021).

Respons yang relatif tenang ini datang ketika kedua belah pihak membuat rencana untuk mengadakan pertemuan puncak antara Presiden Joe Biden dan Xi Jinping dari China sebelum akhir tahun via video. Pengumuman pertemuan itu menyusul pembicaraan enam jam antara Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan dan diplomat tinggi China Yang Jiechi di Zurich pada Rabu lalu, termasuk diskusi tentang Taiwan.



“AS telah membuat komitmennya yang jelas ke China,” kata Zhao Jumat.

“Dalam panggilan teleponnya dengan Presiden Xi Jinping, Presiden Biden menekankan bahwa tidak ada niat untuk mengubah prinsip Satu China,” tegasnya.

Seorang pejabat pertahanan AS mengatakan kepada Bloomberg Amerika sedang melatih pasukan lokal untuk mempertahankan pulau yang diperintah secara demokratis itu dari serangan China di masa depan. Pejabat itu, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengkonfirmasi laporan sebelumnya oleh Wall Street Journal bahwa anggota militer Amerika, termasuk pasukan khusus, telah berada di Taiwan selama lebih dari setahun.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)