Waspada! Penyakit Menular Baru Disebabkan Virus Ditemukan di Jepang

Rabu, 06 Oktober 2021 - 08:12 WIB
loading...
Waspada! Penyakit Menular Baru Disebabkan Virus Ditemukan di Jepang
Petugas medis memeriksa pasien di ruang gawat darurat di satu rumah sakit di Jepang. Foto/REUTERS
A A A
TOKYO - Satu jenis virus yang sebelumnya tidak diketahui mampu menginfeksi manusia telah ditemukan oleh para ilmuwan di Jepang . Virus bernama Yezo itu terkait patogen penyebab demam berdarah Krimea-Kongo dan penyakit domba Nairobi.

Menurut laporan RT.com pada Selasa (5/10/2021), kasus pertama yang dilaporkan melibatkan virus baru ini tercatat di Jepang pada 2019.

Saat itu, seorang pria berusia 41 tahun dirawat di rumah sakit dengan demam dan nyeri kaki setelah menderita gigitan kutu saat berjalan-jalan di hutan di pulau Hokkaido, Jepang.



Pria itu berhasil keluar dari rumah sakit setelah dua pekan perawatan. Dia dites negatif untuk semua virus tick-borne yang diketahui saat itu.



Para peneliti dari Universitas Hokkaido, termasuk Dr Keita Matsuno, ahli virologi di Institut Internasional untuk Pengendalian Zoonosis universitas, kemudian menganalisis sampel darah pasien dan menemukan virus baru.



Tim mempresentasikan hasil penelitiannya di jurnal Nature Communications pada akhir September.

Virus baru itu ternyata menjadi bagian dari keluarga 15 spesies yang disebut nairoviruses, empat di antaranya dapat menyebabkan penyakit pada manusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1369 seconds (0.1#10.140)