Sosok Lars Vilks: Kartunkan Nabi Muhammad Secara Terhina, Berakhir dengan Tabrakan Mobil

Senin, 04 Oktober 2021 - 11:19 WIB
loading...
A A A
Pada 24 November 2010, sebuah video yang diproduksi oleh organisasi teroris Somalia, Al-Shaabab, dikirim. Dalam video tersebut, sebuah suara berbahasa Swedia mengimbau "semua saudara dan saudari Somalia" di Swedia, untuk meninggalkan negara itu dan datang ke Somalia untuk memperjuangkan Al-Shabaab. Narator video juga mengumumkan ancaman pembunuhan terhadap Vilks.

Pada 11 Desember 2010, seorang pengebom bunuh diri di Stockholm mengatakan dalam sebuah pesan kepada media dan Polisi Keamanan Swedia: "Sekarang anak-anak Anda, anak perempuan dan saudara perempuan Anda akan mati dengan cara yang sama seperti saudara-saudara kita mati. Tindakan kita akan berbicara sendiri. Selama karena Anda tidak mengakhiri perang Anda melawan Islam dan degradasi terhadap Nabi dan dukungan bodoh Anda untuk babi Vilks."

Pada tahun 2010, tokoh al-Qaeda Anwar al-Awlaki menerbitkan daftar sasaran al-Qaeda di majalah Inspire yang termasuk Vilks.

Pada tahun 2013 daftar tersebut diperluas untuk memasukkan kartunis majalah Charlie Hebdo, Stéphane "Charb" Charbonnier.
Ketika Charb dibunuh dalam serangan teror di kantor Charlie Hebdo di Paris, bersama dengan 11 orang lainnya, pada 7 Januari 2015 al-Qaeda meminta lebih banyak kartunis untuk dibunuh. Sejak itu, Vilks meningkatkan keamanannya.

Pada Maret 2015, Vilks menerima Sappho Award dari Danish Free Press Society. Upacara penghargaan berlangsung di bawah pengamanan ketat di sayap Parlemen Istana Christiansborg. Itu adalah penampilan publik pertama Vilks sejak serangan Februari 2015.

Pada Minggu (3/10/2021), Vilks tewas dalam tabrakan mobil di Markaryd, Swedia. Dia bepergian dengan mobil polisi yang tidak bertanda dengan kawalan dua petugas polisi pada saat mobil mereka bertabrakan dengan truk besar dan terbakar.

Dua petugas polisi dari kelompok pengawal Wilayah Selatan juga tewas.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1315 seconds (0.1#10.140)