Sosok Lars Vilks: Kartunkan Nabi Muhammad Secara Terhina, Berakhir dengan Tabrakan Mobil

Senin, 04 Oktober 2021 - 11:19 WIB
loading...
Sosok Lars Vilks: Kartunkan Nabi Muhammad Secara Terhina, Berakhir dengan Tabrakan Mobil
Lars Vilks, kartunis Swedia yang menggambar Nabi Muhammad dengan penghinaan, tewas dalam tabrakan mobil, Minggu (3/10/2021). Foto/REUTERS/Bjorn Lindgren/TT News Agency
A A A
STOCKHOLM - Lars Vilks, kartunis Swedia yang menggambar Nabi Muhammad SAW secara terhina, tewas dalam tabrakan mobil pada Minggu (3/10/2021).

Pada tahun 2007, Vilks memantik kemarahan umat Islam di dunia ketika dia menggambarkan Nabi Muhammad sebagai anjing dalam tiga gambar. Karikaturnya itu hendak ditampilkan di sebuah pameran seni di Tällerud, pada bulan Juli tahun yang sama.



Sesaat sebelum pembukaannya, penyelenggara membatalkan undangan mereka dengan mengacu pada masalah keamanan yang serius.

Sejak itu tidak ada galeri seni Swedia lain yang menawarkan untuk memamerkan karikaturnya, meski Vilks melakukan lobi-lobi.

Meski demikian, pada 18 Agustus 2007, salah satu karikaturnya diterbitkan di surat kabar regional yang berbasis di Ă–rebro, Nerikes Allehanda, sebagai bagian dari editorial tentang sensor diri dan kebebasan beragama.

Meskipun surat kabar terkemuka Swedia lainnya telah menerbitkan karikatur serupa sebelumnya, publikasi tersebut yang menyebabkan protes dari organisasi Muslim di Swedia serta kecaman dari beberapa pemerintah asing termasuk Iran, Pakistan, Afghanistan, Mesir, dan Yordania serta oleh Organisasi antar-pemerintah Konferensi Islam (OKI), yang juga menyerukan pemerintah Swedia untuk mengambil "tindakan hukuman" terhadap Vilks.

Menyusul kontroversi ini, Vilks terpaksa hidup di bawah perlindungan polisi setelah menerima beberapa ancaman pembunuhan, termasuk pernyataan oleh kelompok Islamic State atau ISIS Irak yang berafiliasi dengan al-Qaeda yang menawarkan hingga USD150.000 untuk pembunuhannya.

Rencana Pembunuhan

Pada tahun 2009, ada plot untuk membunuh Vilks tapi gagal. Tiga warga Amerika Serikat (AS), Colleen LaRose, Mohammad Hassas Khalid, dan Jamie Paulin Ramirez, berpartisipasi dalam plot tersebut.

Pada tanggal 9 Maret 2010, dakwaan federal LaRose dibuka dengan tuduhan mencoba merekrut orang-orang Muslim untuk membunuh Vilks.

Pada hari yang sama, tujuh orang ditangkap di Republik Irlandia atas dugaan rencana pembunuhan Vilks. Petugas polisi yang dekat dengan penyelidikan mengatakan mereka yang ditangkap adalah penduduk Irlandia kelahiran asing, kebanyakan dari Yaman dan Maroko dan memiliki status pengungsi.

Dari tujuh orang, tiga pria dan dua wanita ditangkap di Waterford dan Tramore, dan seorang pria dan wanita lainnya di Ballincollig, dekat Cork. Garda Síochána (pasukan polisi Irlandia), yang melakukan penangkapan dengan dukungan dari Layanan Dukungan Nasional dan Unit Detektif Khusus kontra-teroris, mengatakan para tersangka berusia antara pertengahan 20-an tahun hingga akhir 40-an tahun.

Polisi Irlandia menambahkan bahwa selama penyelidikan mereka telah bekerja sama dengan lembaga penegak hukum di Amerika Serikat dan di sejumlah negara Eropa.

Serangan Kekerasan

Pada 11 Mei 2010, pengunjuk rasa Muslim menyerang Vilks saat dia memberikan kuliah tentang kebebasan berbicara di Universitas Uppsala. Serangan dimulai ketika sebuah film tentang Islam dan homoseksualitas (video tersebut menggambarkan gambar pria bertelanjang dada, termasuk satu gambar singkat dari dua pria berpakaian lengkap berciuman, semuanya diselingi dengan simbol-simbol khas Islam) ditampilkan dan beberapa Muslim mulai menuntut agar film tersebut dihentikan, mengeklaim itu sebagai porno gay.

Film yang dimaksud adalah "Allah ho Gaybar" karya artis Iran Sooreh Hera. Kacamata Vilks rusak tetapi dia tidak menderita luka serius, dan dikawal ke tempat yang aman oleh keamanan, sementara beberapa pengunjuk rasa ditahan oleh polisi. Terlepas dari ancaman pembunuhan sebelumnya, ini adalah tindakan kekerasan pertama terhadap Vilks.



Beberapa hari kemudian, pada tanggal 15 Mei 2010, rumah Vilks di Swedia selatan diserang oleh para pelaku pembakaran. Mereka menghancurkan jendela dan melemparkan botol-botol bensin.

Ada api kecil, tapi rumah itu tidak hangus rata dengan tanah. Vilks tidak berada di rumah pada saat penyerangan. Dua orang bersaudara Kosovar-Swedia ditangkap, dan pada tanggal 15 Juli mereka masing-masing dijatuhi hukuman dua dan tiga tahun penjara.

Pada 24 November 2010, sebuah video yang diproduksi oleh organisasi teroris Somalia, Al-Shaabab, dikirim. Dalam video tersebut, sebuah suara berbahasa Swedia mengimbau "semua saudara dan saudari Somalia" di Swedia, untuk meninggalkan negara itu dan datang ke Somalia untuk memperjuangkan Al-Shabaab. Narator video juga mengumumkan ancaman pembunuhan terhadap Vilks.

Pada 11 Desember 2010, seorang pengebom bunuh diri di Stockholm mengatakan dalam sebuah pesan kepada media dan Polisi Keamanan Swedia: "Sekarang anak-anak Anda, anak perempuan dan saudara perempuan Anda akan mati dengan cara yang sama seperti saudara-saudara kita mati. Tindakan kita akan berbicara sendiri. Selama karena Anda tidak mengakhiri perang Anda melawan Islam dan degradasi terhadap Nabi dan dukungan bodoh Anda untuk babi Vilks."

Pada tahun 2010, tokoh al-Qaeda Anwar al-Awlaki menerbitkan daftar sasaran al-Qaeda di majalah Inspire yang termasuk Vilks.

Pada tahun 2013 daftar tersebut diperluas untuk memasukkan kartunis majalah Charlie Hebdo, Stéphane "Charb" Charbonnier.
Ketika Charb dibunuh dalam serangan teror di kantor Charlie Hebdo di Paris, bersama dengan 11 orang lainnya, pada 7 Januari 2015 al-Qaeda meminta lebih banyak kartunis untuk dibunuh. Sejak itu, Vilks meningkatkan keamanannya.

Pada Maret 2015, Vilks menerima Sappho Award dari Danish Free Press Society. Upacara penghargaan berlangsung di bawah pengamanan ketat di sayap Parlemen Istana Christiansborg. Itu adalah penampilan publik pertama Vilks sejak serangan Februari 2015.

Pada Minggu (3/10/2021), Vilks tewas dalam tabrakan mobil di Markaryd, Swedia. Dia bepergian dengan mobil polisi yang tidak bertanda dengan kawalan dua petugas polisi pada saat mobil mereka bertabrakan dengan truk besar dan terbakar.

Dua petugas polisi dari kelompok pengawal Wilayah Selatan juga tewas.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0965 seconds (0.1#10.140)