Sosok Lars Vilks: Kartunkan Nabi Muhammad Secara Terhina, Berakhir dengan Tabrakan Mobil

Senin, 04 Oktober 2021 - 11:19 WIB
loading...
A A A
Pada tanggal 9 Maret 2010, dakwaan federal LaRose dibuka dengan tuduhan mencoba merekrut orang-orang Muslim untuk membunuh Vilks.

Pada hari yang sama, tujuh orang ditangkap di Republik Irlandia atas dugaan rencana pembunuhan Vilks. Petugas polisi yang dekat dengan penyelidikan mengatakan mereka yang ditangkap adalah penduduk Irlandia kelahiran asing, kebanyakan dari Yaman dan Maroko dan memiliki status pengungsi.

Dari tujuh orang, tiga pria dan dua wanita ditangkap di Waterford dan Tramore, dan seorang pria dan wanita lainnya di Ballincollig, dekat Cork. Garda Síochána (pasukan polisi Irlandia), yang melakukan penangkapan dengan dukungan dari Layanan Dukungan Nasional dan Unit Detektif Khusus kontra-teroris, mengatakan para tersangka berusia antara pertengahan 20-an tahun hingga akhir 40-an tahun.

Polisi Irlandia menambahkan bahwa selama penyelidikan mereka telah bekerja sama dengan lembaga penegak hukum di Amerika Serikat dan di sejumlah negara Eropa.

Serangan Kekerasan

Pada 11 Mei 2010, pengunjuk rasa Muslim menyerang Vilks saat dia memberikan kuliah tentang kebebasan berbicara di Universitas Uppsala. Serangan dimulai ketika sebuah film tentang Islam dan homoseksualitas (video tersebut menggambarkan gambar pria bertelanjang dada, termasuk satu gambar singkat dari dua pria berpakaian lengkap berciuman, semuanya diselingi dengan simbol-simbol khas Islam) ditampilkan dan beberapa Muslim mulai menuntut agar film tersebut dihentikan, mengeklaim itu sebagai porno gay.

Film yang dimaksud adalah "Allah ho Gaybar" karya artis Iran Sooreh Hera. Kacamata Vilks rusak tetapi dia tidak menderita luka serius, dan dikawal ke tempat yang aman oleh keamanan, sementara beberapa pengunjuk rasa ditahan oleh polisi. Terlepas dari ancaman pembunuhan sebelumnya, ini adalah tindakan kekerasan pertama terhadap Vilks.



Beberapa hari kemudian, pada tanggal 15 Mei 2010, rumah Vilks di Swedia selatan diserang oleh para pelaku pembakaran. Mereka menghancurkan jendela dan melemparkan botol-botol bensin.

Ada api kecil, tapi rumah itu tidak hangus rata dengan tanah. Vilks tidak berada di rumah pada saat penyerangan. Dua orang bersaudara Kosovar-Swedia ditangkap, dan pada tanggal 15 Juli mereka masing-masing dijatuhi hukuman dua dan tiga tahun penjara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1091 seconds (0.1#10.140)