Berpidato di Majelis Umum PBB, Abbas Ultimatum Israel

Sabtu, 25 September 2021 - 07:34 WIB
loading...
A A A
Sementara beberapa orang Palestina dan Israel mendukung gagasan negara binasional tunggal, sebagian besar memiliki gagasan yang sangat berbeda tentang seperti apa bentuk entitas itu dan bagaimana entitas itu akan diatur.

Sebagian besar analis berpendapat satu negara tidak akan layak, karena alasan agama, politik, dan demografis. Pemerintah Israel telah memandang konsep satu negara sebagai merusak esensi dari negara Yahudi yang merdeka.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sendiri telah menegaskan kembali dukungannya untuk solusi dua negara selama pidatonya sendiri di PBB pada hari Selasa, dengan mengatakan itu akan memastikan "masa depan Israel sebagai negara Yahudi, negara demokratis yang hidup dalam damai bersama dengan negara Palestina yang layak dan demokratis."



Para kritikus mengatakan perpecahan internal Palestina juga berkontribusi pada kebuntuan dalam pembicaraan damai yang disponsori AS, yang gagal pada tahun 2014.

Di bawah perjanjian perdamaian sementara dengan Israel, Otoritas Palestina di bawah Abbas juga dimaksudkan untuk melakukan kontrol di Gaza. Tetapi kelompok pesaingnya, Hamas, merebut daerah kantong pantai itu pada 2007 dan pembicaraan yang terputus-putus selama bertahun-tahun gagal memecahkan kebuntuan mereka.

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett, seorang sayap kanan yang duduk di atas koalisi lintas-partisan, menentang kenegaraan Palestina. Pemerintahnya telah bersumpah untuk menghindari pilihan sensitif terhadap Palestina dan sebaliknya fokus pada masalah ekonomi.

Belum ada komentar langsung dari Israel atas pernyataan Abbas.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2007 seconds (0.1#10.140)