Ahli: COVID-19 Akan Jadi Flu Biasa Tahun Depan

Jum'at, 24 September 2021 - 08:17 WIB
loading...
A A A
Dame Sarah juga menyebut COVID-19 akan menyebabkan penyakit yang lebih ringan saat dia mengecilkan ketakutan akan varian baru yang lebih mematikan.

Berbicara di webinar Royal Society of Medicine pada hari Rabu, Sarah mengatakan virus Corona tidak mungkin bermutasi menjadi jenis yang dapat menghindari vaksin karena tidak banyak tempat bagi virus untuk pergi.

"Kami biasanya melihat bahwa virus menjadi kurang ganas karena lebih mudah beredar dan tidak ada alasan untuk berpikir bahwa kami akan memiliki versi Sars-CoV-2 yang lebih ganas," ucap Dame Sarah.

"Ini hanya pertanyaan tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke sana dan langkah-langkah apa yang harus kita ambil untuk mengelolanya sementara itu," ia menambahkan.



Itu terjadi setelah kepala petugas medis Inggris Profesor Chris Whitty mengatakan semua anak yang belum divaksinasi akan terkena virus corona karena virus itu akan terus menyebar ketika kekebalan berkurang.

Tetapi Dame Sarah mengatakan bahwa penyakit yang disebabkan oleh COVID-19 akan menjadi lebih ringan.

"Kami cenderung melihat pergeseran genetik virus yang lambat dan akan ada kekebalan bertahap yang berkembang dalam populasi seperti halnya semua virus corona musiman lainnya," katanya.

Selama webinar, Dame Sarah juga memperingatkan bahwa pekerjaan harus dilakukan untuk mempersiapkan pandemi di masa depan, menambahkan bahwa sejumlah kecil investasi sekarang berpotensi menghemat miliaran pound dalam jangka panjang.

Sementara itu, pada awal pekan ini kepala eksekutif Moderna Stephane Bancel juga mengatakan bahwa pandemi virus Corona bisa berakhir dalam setahun karena peningkatan produksi vaksin memastikan pasokan global.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1980 seconds (0.1#10.140)