Dunia Waspadalah, Wabah Pneumonia Misterius Menyebar di China

Jum'at, 24 November 2023 - 10:56 WIB
loading...
Dunia Waspadalah, Wabah Pneumonia Misterius Menyebar di China
Wabah pneumonia dan penyakit pernapasan yang misterius sedang menyebar di kalangan anak-anak di China. Foto/Anadolu
A A A
BEIJING - Wabah pneumonia dan penyakit pernapasan yang misterius sedang menyebar di China. Ini diungkap organisasi Masyarakat Internasional untuk Penyakit Menular (ISID), yang menyerukan komunitas internasional untuk waspada.

Organisasi non-profit ini mengatakan dalam sebuah laporan pada Selasa lalu bahwa rumah sakit anak-anak di Beijing dan wilayah utara Liaoning dipenuhi dengan kasus-kasus mirip pneumonia yang “belum dapat ditentukan”, yang diyakini berasal dari infeksi bakteri.

Laporan tersebut menyoroti rincian dari laporan berita FTV News yang berbasis di Taiwan, yang menyatakan bahwa banyak pasien telah mengunjungi Rumah Sakit Anak Beijing.



Seorang warga mengatakan: “Banyak anak dirawat di rumah sakit. Tidak ada batuk, tidak menunjukkan gejala pneumonia, namun terjadi demam tinggi dan peradangan pada saluran pernapasan.”

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan pada hari Kamis bahwa mereka telah meminta informasi resmi dari China mengenai kasus pneumonia misterius pada anak-anak.

Pemerintah China pun menjawab bahwa tidak ada patogen baru atau tidak biasa yang terdeteksi dalam peningkatan penyakit pernafasan pada anak-anak di wilayah utara.

Sejak pertengahan Oktober 2023, WHO telah memantau data dari sistem pengawasan China yang menunjukkan peningkatan penyakit pernapasan pada anak-anak di China utara.

WHO mengatakan pihaknya mengadakan telekonferensi pada hari Kamis dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China dan Rumah Sakit Anak Beijing, yang difasilitasi oleh Komisi Kesehatan Nasional dan Administrasi Nasional Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

“Pihak berwenang China menyatakan bahwa belum ada deteksi patogen yang tidak biasa atau baru atau presentasi klinis yang tidak biasa, termasuk di Beijing dan Liaoning, namun hanya peningkatan umum penyakit pernafasan yang disebabkan oleh beberapa patogen yang diketahui,” kata WHO dalam sebuah pernyataan, yang dilansir AFP, Jumat (24/11/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1471 seconds (0.1#10.140)