Taliban Dilaporkan Usir Warga Kandahar, Beri Waktu Tiga Hari

Rabu, 15 September 2021 - 15:41 WIB
loading...
A A A
Juru bicara Taliban tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar mengenai penggusuran tersebut.

Ada laporan bahwa Taliban telah menghentikan seorang jurnalis lokal dari melakukan pekerjaannya dan memukuli yang lain ketika dia meliput demonstrasi, menurut stasiun berita lokal, Radio Millat Zagh. CNN tidak dapat memverifikasi insiden itu secara independen.

Protes terhadap pemerintahan Taliban telah pecah di beberapa bagian Afghanistan sejak kelompok militan itu menguasai negara tersebut bulan lalu, menyusul penarikan pasukan AS. Taliban telah menindak aksi protes, seringkali dengan kekerasan, dengan laporan wartawan dan aktivis ditahan dan dilecehkan.

Pekan lalu, wartawan dari outlet berita online Afghanistan EtilaatRoz mengatakan kepada CNN bahwa mereka ditahan saat meliput aksi protes oleh wanita Afghanistan terhadap keterlibatan Pakistan di Afghanistan dan menuntut persamaan hak di Ibu Kota Kabul. Protes itu berada di luar kantor polisi dan kedua pria itu mengatakan mereka dibawa ke dalam dan dipukuli dengan kejam.



Selama protes lain pekan lalu, pejuang Taliban menggunakan cambuk dan tongkat terhadap sekelompok wanita yang memprotes di Kabul, menyusul pengumuman pemerintah sementara garis keras, khusus laki-laki.

Para pemimpin Taliban di Twitter menolak video yang dibagikan secara online tentang kekerasan pada aksi protes yang dipimpin perempuan. Kepala Komisi Kebudayaan, Muhammad Jalal, mengatakan bahwa demonstrasi ini adalah upaya yang disengaja untuk menimbulkan masalah.

"Orang-orang ini bahkan tidak mewakili 0,1% dari Afghanistan," ia menambahkan.

Taliban juga berusaha untuk mengurangi aksi protes, dan sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri Taliban pekan lalu menetapkan persyaratan ketat untuk demonstrasi di masa depan, termasuk persetujuan sebelumnya dari Kementerian Kehakiman.

PBB pekan lalu meminta Taliban untuk segera menghentikan penggunaan kekuatan dan penahanan sewenang-wenang terhadap mereka yang menggunakan haknya untuk berkumpul secara damai dan wartawan yang meliput protes.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1842 seconds (0.1#10.140)