PBB Kutuk Tindakan Keras Taliban terhadap Para Pengunjuk Rasa

Sabtu, 11 September 2021 - 05:30 WIB
loading...
PBB Kutuk Tindakan Keras Taliban terhadap Para Pengunjuk Rasa
Milisi Taliban menodongkan senjata ke arah warga sipil di Afghanistan. Foto/REUTERS
A A A
NEW YORK - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengutuk Taliban atas "tanggapan yang semakin keras" terhadap pengunjuk rasa dan para pengkritik.

Kecaman itu muncul beberapa pekan setelah Taliban mengambil alih Afghanistan dengan sangat cepat dan mengejutkan negara-negara Barat.

PBB mengatakan pejuang Taliban membunuh empat orang selama protes baru-baru ini.



Demonstrasi telah terjadi di Afghanistan sejak jatuhnya Kabul pada 15 Agustus. Mereka menuntut penghormatan terhadap hak-hak perempuan dan kebebasan yang lebih besar.



“Para milisi Taliban menggunakan tongkat, cambuk, dan peluru tajam untuk menghadapi para pengunjuk rasa,” ungkap laporan PBB.



"Kami menyerukan kepada Taliban untuk segera menghentikan penggunaan kekuatan terhadap, dan penahanan sewenang-wenang, mereka yang menggunakan hak mereka untuk berkumpul secara damai dan wartawan yang meliput protes," papar juru bicara Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia dalam pernyataan pers.

Taliban merebut Afghanistan pada Agustus, menguasai pusat-pusat provinsi dan akhirnya ibukota Kabul dalam waktu kurang dari dua pekan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)