4 Keunggulan Pesawat Kiamat Rusia, Bisa Jadi Pusat Komando

Minggu, 28 April 2024 - 21:21 WIB
loading...
4 Keunggulan Pesawat Kiamat Rusia, Bisa Jadi Pusat Komando
Rusia memiliki pesawat kiamat supercanggih. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Pesawat kiamat milik Presiden Rusia Vladimir Putin adalah Ilyushin Il-80 dengan konfigurasi khusus yang juga disebut sebagai “Flying Kremlin”.

Dua MiG-29 kerap mengawal Il-80 yang disebut “Maxdome”. Selain itu, peserta penting lainnya dalam flypast ini adalah pesawat strategis Tu-95MS dan Tu-160, pesawat tempur generasi kelima Su-57, dan pembom jarak jauh Tu-22M3.

4 Keunggulan Pesawat Kiamat Rusia

1. Pusat Komando dan Kantor Kepresidenan Rusia di Angkasa

4 Keunggulan Pesawat Kiamat Rusia, Bisa Jadi Pusat Komando

Foto/AP

Melansir Firepost, Il-80 Maxdome adalah pesawat Ilyushin Il-86 yang dimodifikasi dan diubah menjadi pusat komando dan kendali lintas udara, serta kantor kepresidenan Rusia di angkasa. Pesawat tersebut dilaporkan melakukan penerbangan pertamanya pada tahun 1985, dan dilantik pada tahun 1987.

Empat pesawat telah dibuat, dan tiga masih dalam pelayanan. Pesawat semacam itu diperlukan untuk digunakan jika infrastruktur komando berbasis darat hancur akibat perang nuklir atau bencana besar, dan peran pesawat ini mirip dengan Boeing E-4B milik Angkatan Udara AS (USAF).


2. Tidak Memiliki Jendela

Pesawat Il-80 tidak memiliki jendela, kecuali kaca depan kokpit dan panel samping pandangan langsung. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi peralatan elektronik yang sensitif dan kru operasional serta pengambil keputusan dari radiasi nuklir, dan gelombang elektromagnetik yang diakibatkannya.

Yang ada hanya pintu depan dek atas di sebelah kiri dan pintu belakang di sebelah kanan. Hanya ada satu pintu tangga udara, bukan tiga pintu biasa. Bahkan jendela belakang kokpit ditutup dengan sekat. Berbeda dengan pesawat standar Il-86, Il-80 memiliki dua pod generator listrik besar, panjang 9,5 meter, dipasang di dalam nacelles mesin.

3. Memiliki Sistem Komunikasi Canggih

Seperti E-4B, pesawat ini memiliki kano SATCOM punggung, yang diyakini menampung peralatan komunikasi satelit canggih, dan antena kawat tambahan yang dipasang di bagian belakang badan pesawat untuk transmisi dan penerimaan radio frekuensi sangat rendah (VLF).

Ini mungkin untuk komunikasi dengan kapal selam rudal balistik. Pesawat dapat mengisi bahan bakar dalam penerbangan. Pesawat ini memiliki dua generator listrik eksternal untuk memenuhi kebutuhan elektronik tambahan di dalam pesawat. Pesawat tersebut ditugaskan ke Divisi Penerbangan Tujuan Khusus ke-8 di pangkalan udara Chkalovsky dekat Moskow dan dapat dilihat pada gambar.

4. Selalu Diperbaharui

Melansir Firepost, pesawat kiamat Rusia berikutnya adalah Il-96-400M. Ini akan menjadi versi upgrade dari pesawat sipil bermesin empat. Pekerjaan tersebut dilaporkan sedang berlangsung di Voronezh. Jangkauan penerbangan pesawat baru ini akan dua kali lipat dari pendahulunya, dan berkomunikasi secara efektif dengan kekuatan nuklir strategis dalam jarak sekitar 6.000 kilometer.

Pesawat tersebut akan memiliki sistem pertahanan diri yang sangat kuat dan akan selalu dikawal oleh pesawat tempur pertahanan udara. Pesawat ini akan memiliki pelindung efek nuklir dan termal yang jauh lebih baik, kontrol akustik, dan pendingin udara yang ditingkatkan untuk mendinginkan perangkat elektronik penghasil panas yang lebih kuat.

Pesawat tersebut kemungkinan akan dikerahkan sekitar tahun 2026. Pada tahun 2020, salah satu pesawat disusupi melalui palka kargo, dan dirampok saat menjalani perawatan. 39 buah peralatan radio, beberapa di antaranya memiliki komponen listrik berwarna emas dan platinum, dicuri dalam kejadian yang sangat memalukan ini.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1087 seconds (0.1#10.140)