Demonstran Pro-Palestina Ditangkap Polisi, Terancam Pula Sanksi dari Kampus

Minggu, 28 April 2024 - 20:40 WIB
loading...
Demonstran Pro-Palestina Ditangkap Polisi, Terancam Pula Sanksi dari Kampus
Para demonstran pro-Palestina ditangkap dan diberi sanksi oleh kampus. Foto/AP
A A A
WASHINGTON - Maryam Alwan memperkirakan hal terburuk telah berakhir setelah polisi antihuru-hara Kota New York menangkap dia dan pengunjuk rasa lainnya di kampus Universitas Columbia, memasukkan mereka ke dalam bus dan menahan mereka selama berjam-jam.

Namun malam berikutnya, junior perguruan tinggi tersebut menerima email dari universitas. Alwan dan mahasiswa lainnya diskors setelah penangkapan mereka di “Perkemahan Solidaritas Gaza ,” sebuah taktik yang diterapkan perguruan tinggi di seluruh negeri untuk menenangkan protes kampus yang meningkat terhadap perang Israel-Hamas.

Penderitaan mahasiswa telah menjadi bagian utama dari protes, dimana mahasiswa dan semakin banyak dosen menuntut amnesti. Persoalannya adalah apakah universitas dan penegak hukum akan menghapuskan tuntutan tersebut dan menahan konsekuensi lainnya, atau apakah skorsing dan catatan hukum tersebut akan terus menghantui para mahasiswa hingga dewasa.

Ketentuan skorsing berbeda-beda di setiap kampus. Di Columbia dan Barnard College untuk wanita yang berafiliasi, Alwan dan puluhan lainnya ditangkap pada tanggal 18 April dan langsung dilarang masuk kampus dan kelas, tidak dapat hadir secara langsung atau virtual, dan dilarang masuk ruang makan.

Pertanyaan mengenai masa depan akademis mereka masih tetap ada. Apakah mereka akan diizinkan mengikuti ujian akhir? Bagaimana dengan bantuan keuangan? Kelulusan? Columbia mengatakan hasilnya akan diputuskan pada sidang disipliner, namun Alwan mengatakan dia belum diberi tanggal.

“Ini terasa sangat dystopian,” kata Alwan, seorang mahasiswa sastra bandingan dan masyarakat.

Apa yang dimulai di Columbia telah berubah menjadi pertikaian nasional antara mahasiswa dan administrator mengenai protes anti-perang dan batasan kebebasan berpendapat. Dalam 10 hari terakhir, ratusan mahasiswa telah ditangkap, diskors, menjalani masa percobaan dan, dalam kasus yang jarang terjadi, dikeluarkan dari perguruan tinggi termasuk Universitas Yale, Universitas California Selatan, Universitas Vanderbilt, dan Universitas Minnesota.

Barnard, sebuah perguruan tinggi seni liberal perempuan di Columbia, menskors lebih dari 50 mahasiswa yang ditangkap pada 18 April dan mengusir mereka dari asrama kampus, menurut wawancara dengan mahasiswa dan laporan dari surat kabar kampus Columbia Spectator, yang memperoleh dokumen internal kampus.

Pada hari Jumat, Barnard mengumumkan telah mencapai kesepakatan untuk memulihkan akses kampus ke “hampir semua” kampus. Sebuah pernyataan dari perguruan tinggi tersebut tidak merinci jumlahnya namun mengatakan semua mahasiswa yang skorsingnya dicabut telah setuju untuk mengikuti peraturan perguruan tinggi dan, dalam beberapa kasus, dimasukkan ke dalam masa percobaan.

Namun, pada malam penangkapan, mahasiswa Barnard Maryam Iqbal memposting tangkapan layar di platform media sosial X dari email seorang dekan yang memberi tahu dia bahwa dia dapat kembali ke kamarnya sebentar dengan keamanan kampus sebelum dikeluarkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1153 seconds (0.1#10.140)