Arab Saudi Diam-diam Dekati Taliban setelah Jadi Penguasa Afghanistan

Jum'at, 03 September 2021 - 15:26 WIB
loading...
A A A
Feierstein mengatakan baik Riyadh dan Islamabad kemungkinan akan tetap berada di sela-sela untuk saat ini. "Saudi sedang menunggu untuk melihat apa yang akan dilakukan AS, dan saya pikir mereka sama bingungnya dengan orang lain tentang apa yang terjadi selanjutnya," katanya.

Sebagai tanda perubahan zaman, negara-negara seperti Iran, Rusia, dan China-lah yang telah mempertahankan kehadiran diplomatiknya di Afghanistan. China telah memberikan janji dukungan ekonomi kepada kelompok itu dan Iran telah kembali menjual bahan bakar yang dikenai sanksi internasional ke Kabul.

"Iran mungkin memiliki hubungan yang lebih dekat dengan Taliban daripada Arab Saudi sekarang," kata Rafiq.

Theodore Karasik, penasihat senior untuk perusahaan konsultan Gulf State Analytics, mengatakan kepada MEE bahwa Riyadh akan mengawasi Afghanistan untuk melihat apakah ada limpahan ekstremis ke konflik di daerah-daerah seperti Yaman, di mana pasukan Arab Saudi sedang berperang melawan pemberontak Houthi, tetapi kerajaan itu tidak terlalu mementingkan negara Asia Tengah itu.

"Saat ini Saudi mungkin lebih fokus pada Afrika dan Timur Tengah pada umumnya [daripada] tentang efek Afghanistan," katanya.

Karasik mengatakan dia tidak membayangkan Afghanistan sebagai kemungkinan pemain dalam persaingan antara Teheran dan Riyadh, yang keduanya terlibat dalam pembicaraan untuk mencoba dan mengurangi ketegangan.

"Mereka mencoba untuk berdamai dan Afghanistan yang tidak mungkin menjadi arena konflik proksi di antara mereka," katanya.

Arab Saudi adalah salah satu dari tiga negara, bersama dengan Uni Emirat Arab dan Pakistan, yang secara resmi mengakui Taliban ketika kelompok itu memerintah Afghanistan antara tahun 1996 dan 2001.

Hubungan itu memburuk setelah Taliban menolak untuk mengekstradisi pemimpin al-Qaeda dan warga negara Arab Saudi, Osama bin Laden.

Riyadh secara resmi memutuskan hubungan dengan Taliban setelah serangan 9/11, hampir dua puluh tahun yang lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1227 seconds (0.1#10.140)