Merkel: Komunitas Internasional Harus Tetap Pertahankan Dialog dengan Taliban

Rabu, 25 Agustus 2021 - 21:51 WIB
loading...
Merkel: Komunitas Internasional Harus Tetap Pertahankan Dialog dengan Taliban
Merkel mengatakan bahwa komunitas internasional harus tetap mempertahankan dialog dengan Taliban untuk memastikan kemajuan yang telah dicapai akan bertahan. Foto/REUTERS
A A A
BERLIN - Kanselir Jerman, Angela Merkel mengatakan bahwa komunitas internasional harus tetap mempertahankan dialog dengan Taliban . Ini, ucap Merkel, harus dilakukan untuk memastikan kemajuan yang telah dicapai akan bertahan.

Berbicara kepada Parlemen Jerman, Merkel mengatakan penting untuk mempertahankan dialog dengan Taliban jika ingin melindungi setiap perbaikan yang dibuat di Afghanistan selama dua dekade misi NATO di negara itu.

“Tujuan kami harus mempertahankan sebanyak mungkin apa yang telah kami capai dalam hal perubahan di Afghanistan dalam 20 tahun terakhir,” ucap Merkel.

“Ini adalah sesuatu yang masyarakat internasional harus bicarakan dengan Taliban,” sambung pemimpin Jerman itu, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (25/8/2021).

Sebelumnya, pernyataan serupa disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Pakistan, Shah Mahmood Qureshi.

Qureshi mengatakan bahwa negaranya ingin masyarakat internasional untuk tidak memutus komunikasi dan tetap melakukan pendekatan dengan Taliban.

Dia menuturkan bahwa negara-negara yang pernah berhubungan dengan Taliban atau dikunjungi oleh delegasi pemimpin Taliban harus terus melanjutkan pendekatan itu. Menurutnya, langkah ini harus diambil untuk memastikan Taliban tidak salah jalan.

“Taliban memiliki tanggung jawab besar untuk bekerja demi perdamaian di Afghanistan dan memastikan bahwa tanahnya tidak digunakan untuk melawan siapa pun,” kata Qureshi.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1571 seconds (0.1#10.140)