Intelijen AS Gagal Temukan Asal-usul COVID-19, China Tertawakan Biden

Rabu, 25 Agustus 2021 - 14:05 WIB
loading...
A A A
Sebuah tim yang terdiri dari dua lusin pakar internasional dan China menarik kesimpulan yang sama dengan Komunitas Intelijen AS setelah misi investigasi ke China. Beijing menggunakan laporan itu sebagai pembenaran dari labnya, karena para peneliti menganggap hipotesis kebocoran lab sebagai kemungkinan yang paling kecil dari empat skenario yang mungkin terjadi. Tetapi Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus, direktur jenderal Organisasi Kesehatan Dunia, menyimpan semua opsi di atas meja.

Ghebreyesus, yang memberikan pujian China pada awal pandemi, mengatakan pada bulan Maret para peneliti memiliki masalah dalam mengakses data mentah dan menetapkan harapan bahwa China akan lebih terbuka dengan informasi di masa depan. Beijing membantah para peneliti diberi kurang dari semua yang mereka butuhkan dan sebagian besar menolak kemungkinan penyelidikan di masa depan.



Sebelumnya juru bicara kementerian luar negeri China Wang Wenbin menolak validitas laporan Komunitas Intelijen yang akan datang, menyebutnya anti-sains.

“Komunitas intelijen AS memiliki catatan sejarah yang buruk. Tidak mungkin menyusun laporan berdasarkan fakta dan kebenaran. Laporan ini tidak lain adalah tambal sulam dari apa yang disebut bukti berdasarkan kesimpulan yang telah ditentukan, dengan tujuan mengubah menyalahkan orang lain. Itu sama sekali tidak kredibel," kata Wang.



Sepanjang pandemi, China berusaha mengalihkan perhatian dari Wuhan, tempat kasus pertama yang diketahui diidentifikasi, sebagai asal dari bagian lain dunia. Para pejabat China telah menuding negara-negara di Eropa dan mendorong teori bahwa COVID-19 mungkin berasal dari Fort Detrick di Maryland. Meskipun menawarkan sedikit bukti untuk mendukung teori Fort Detrick, pejabat China telah berulang kali menyerukan penyelidikan ke laboratorium milik AS.

Para ahli sebelumnya mengatakan kepada Newsweek bahwa mungkin kita tidak akan pernah tahu asal mula sebenarnya dari COVID-19 dan Jon Andrus, seorang profesor kesehatan global di Universitas George Washington, mengatakan analisis retrospektif seperti menggunakan "metode ilmiah dengan satu tangan diikat di belakang. "
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1324 seconds (0.1#10.140)