China Sebut Laporan Intelijen AS Soal Asal-usul COVID-19 Sudah Diatur

Selasa, 24 Agustus 2021 - 22:32 WIB
loading...
China Sebut Laporan Intelijen AS Soal Asal-usul COVID-19 Sudah Diatur
China sebut laporan intelijen AS soal asal usul COVID-19 sudah diatur. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - Juru bicara Kementerian Luar Negeri China , Wang Wenbin menyatakan, laporan komunitas intelijen Amerika Serikat (AS) terkait asal usul virus Corona baru sudah diatur sedemikian rupa. Laporan itu nantinya hanya akan mengkonfirmasi temuan yang sudah ditentukan dan mengalihkan tanggung jawab atas pandemi COVID-19 .

Pernyataan itu muncul di tengah laporan bahwa laporan komunitas intelijen AS akan disampaikan kepada Presiden Joe Biden pada Selasa waktu setempat.

Komunitas intelijen AS saat ini masih tetap berselisih mengenai asal-usul virus Corona baru karena waktu terus berjalan untuk berakhirnya tenggat waktu penyelidikan 90 hari atas masalah tersebut, sesuai yang diperintahkan oleh Presiden Joe Biden pada Mei lalu.

"Badan intelijen AS memiliki reputasi buruk. Apa yang disebut penyelidikan mereka tidak akan pernah didasarkan pada fakta dan kebenaran," ujar Wang.

"Ini tidak lebih dari kompilasi informasi yang berbeda untuk mengalihkan kesalahan dan membuktikan kesimpulan yang telah ditentukan sebelumnya dengan bantuan bukti yang dipilih. Ini tidak menginspirasi kepercayaan apa pun," klaim Wang seperti dikutip dari Sputnik, Selasa (24/8/2021).

Dia mendesak Washington untuk berhenti mempolitisasi masalah asal-usul COVID-19, sesuatu yang menurut Wang merusak kerja sama internasional di bidang ini.

"Kami merekomendasikan agar AS harus menghentikan manipulasi politik dan kembali ke jalur penelitian ilmiah tentang asal usul virus Corona sesegera mungkin," kata juru bicara itu.

Pernyataan itu mengikuti laporan CNN yang mengutip sumber tidak disebutkan namanya yang mengatakan awal bulan ini bahwa sebagai batas waktu penyelidikan 90 hari ke asal-usul COVID-19 yang diperintahkan oleh Presiden Joe Biden mendekat, komunitas intelijen AS tetap terpecah atas dua teori yang ada.

Satu teori menunjukkan bahwa virus Corona baru berasal dari laboratorium di Wuhan, China, sementara yang lain mengklaim bahwa virus itu melompat secara alami dari hewan ke manusia.

Setelah tiga bulan penelitian intensif dan penelusuran data, pejabat intelijen AS telah menyusun laporan rahasia, tetapi versi saat ini, pada tahap tinjauan awal, berisi tidak ada yang terlalu menggemparkan, menurut sumber tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2422 seconds (0.1#10.140)