Intelijen AS Gagal Temukan Asal-usul COVID-19, China Tertawakan Biden

Rabu, 25 Agustus 2021 - 14:05 WIB
loading...
Intelijen AS Gagal Temukan Asal-usul COVID-19, China Tertawakan Biden
China mengolok-olok Presiden Joe Biden setelah komunitas intelijen AS gagal menemukan asal-usul COVID-19. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
BEIJING - Media China mengolok-olok Presiden Joe Biden setelah komunitas intelijen Amerika Serikat (AS) gagal menemukan asal usul pandemi COVID-19. Komunitas intelijen AS dilaporkan masih bingung tentang asal-usul virus Corona baru .

Menurut The Washington Post, Biden telah menerima laporan rahasia tentang asal-usul COVID-19 dari Komunitas Intelijen. Harapannya adalah laporan itu akan menghasilkan pemahaman yang lebih baik tentang asal usul COVID-19, tetapi Komunitas Intelijen AS dilaporkan masih belum dapat mencapai konsensus tentang apakah virus itu muncul secara alami atau berasal dari laboratorium.

Laporan Komunitas Intelijen meninggalkan banyak pertanyaan yang masih belum terjawab, menurut The Washington Post, termasuk bagaimana virus dapat berpindah dari hewan ke manusia, bagaimana virus itu dapat keluar dari laboratorium dan kapan dan di mana pandemi dimulai.

Menjawab pertanyaan-pertanyaan itu sebagian besar akan bergantung pada kerja sama China, yang kemungkinan besar tidak akan diterima oleh Amerika Serikat dan bahkan komunitas global. Banyak juga yang mempertanyakan kemampuan China untuk jujur, mengingat sifat negara yang tertutup, sehingga sulit bagi orang untuk percaya pada apa yang diberitahukan kepada mereka tentang hari-hari awal pandemi.

China dengan keras menyangkal bahwa pandemi berasal dari kebocoran laboratorium, menuduh mereka yang mengambangkan teori menggunakan pandemi untuk meneruskan agenda anti-China. Menjelang rilis laporan tersebut, Global Times, outlet media yang dikelola pemerintah mengecam penyelidikan asal-usul COVID-19 karena dipimpin oleh Komunitas Intelijen dan bukan ilmuwan.

“Memiliki tim intelijen untuk mencari asal virus cukup menggelikan, dan tidak mengherankan bahwa Biden akan berakhir tanpa jawaban pasti, tetapi jika Biden mencari penyelidikan lain, itu akan menurunkan kredibilitas pemerintahannya dan menjadikannya bahan tertawaan,” kata Yang Zhanqiu, seorang ahli virologi di Universitas Wuhan, kepada Global Times yang dinukil Newsweek, Rabu (25/8/2021).

Pada bulan Mei, Biden memerintahkan Komunitas Intelijen menggandakan upaya mereka untuk membawa dunia lebih dekat pada kesimpulan yang pasti mengenai asal mula pandemi COVID-19. Pada saat memberikan perintah, dua elemen Komunitas Intelijen condong ke hipotesis bahwa COVID-19 berasal secara alami dan satu condong ke arah kecelakaan laboratorium.



Setelah 90 hari, lamanya waktu yang diberikan Biden kepada Komunitas Intelijen untuk memberikan penilaian yang diperbarui, tampaknya sedikit yang diketahui secara pasti tentang asal mula pandemi COVID-19. Kemungkinan ini sebelumnya telah diisyaratkan oleh Avril Haines, direktur Intelijen Nasional, pada Juni lalu.

Sementara Komunitas Intelijen berharap menemukan "senjata api", Haines mengatakan kepada Yahoo! penyelidikan itu hal yang "menantang untuk dilakukan." Kedua hipotesis sedang dibahas dan penyelidik hanya bisa mengatakan satu lebih mungkin daripada yang lain persis seperti yang ditemukan oleh tim ahli internasional pada bulan Maret.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2270 seconds (0.1#10.140)