Menyerah pada Taliban, Ada Apa dengan 300.000 Tentara Afghanistan Didikan AS?

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 10:41 WIB
loading...
A A A


Kisah Pasukan Pertahanan dan Keamanan Nasional Afghanistan, bagaimanapun, belum berakhir. The Washington Post mendokumentasikan kepahlawanan di antara sekelompok kecil pasukan komando di bandara yang terus mendukung rekan-rekan Amerika mereka dan mengamankan evakuasi yang aman bagi keluarga mereka dan orang lain.

Selain itu, US News telah mendengar dari beberapa sumber laporan tentang beberapa sisa operasi militer Afghanistan di provinsi Panjshir yang terkenal tidak ramah—bagian dari bagian timur laut negara yang bergolak dan bergunung-gunung, di dekat medan perang yang sekarang terkenal seperti lembah Korengal yang juga mengganggu kehadiran militer AS selama perang.

Panjshir adalah satu-satunya provinsi yang belum diduduki Taliban, kemungkinan sebagian karena ketidakpercayaan historis penduduk setempat terhadap jaringan pemberontak. Hal ini juga rupanya keberadaan Wakil Presiden Pertama Afghanistan Amrullah Saleh, yang telah mengeklaim di sosial media dalam beberapa hari terakhir bahwa dia sekarang adalah pemimpin yang sah dari Afghanistan setelah mantan presidennya, Ashraf Ghani, melarikan diri pada hari Minggu.

"Ada sesuatu di sana," kata Bill Roggio, seorang fellow senior di Foundation for the Defense of Democracies yang dengan cermat melacak kemajuan Taliban. "Kita akan lihat apakah Taliban bergerak untuk menghancurkannya, atau mencurahkan sumber daya untuk Kabul."

Roggio juga mendokumentasikan "benteng terakhir perlawanan" ini di Panjshir dalam sebuah posting untuk yayasan Long War Journal pada Rabu sore.

Laporan-laporan itu, bagaimanapun, telah terbukti menjadi pengecualian langka untuk tren keseluruhan tentang keberhasilan AS dalam menciptakan pasukan keamanan menurut citranya sendiri, seringkali dengan rekrutan yang tidak bisa membaca atau menulis.

Beberapa pejabat dan mantan pejabat yang berbicara dengan US News dengan syarat anonim mengatakan jumlah tentara dan polisi Afghanistan tidak pernah mencapai 300.000, tentu saja tidak dalam beberapa tahun terakhir. Sebaliknya itu adalah jumlah yang disepakati bersama oleh suksesi administrasi Amerika dan Afghanistan sebagai apa yang mereka yakini dibutuhkan negara itu, dan, oleh karena itu, AS akan mendanai gaji, pelatihan, dan pengeluaran lain pada tingkat itu.

Jumlah sebenarnya tentara dan polisi Afghanistan mencapai sekitar 200.000 pada 2019, menurut beberapa pejabat—termasuk beberapa yang berpartisipasi dalam pelatihan mereka. Masalah endemik melanda pasukan itu, yaitu korupsi, desersi, kematian medan perang yang tidak berkelanjutan ketika menghadapi Taliban, dan praktik terkenal para komandan yang mempekerjakan "tentara hantu" yang hanya ada di atas kertas untuk menyedot dana federal yang kemudian dapat mereka kantongi.

Masalah-masalah itu berangsur-angsur terkikis di pasukan Afghanistan. Ketika dikombinasikan dengan kesabaran strategis Taliban untuk hanya menunggu sampai AS di bawah Presiden Donald Trump saat itu menyetujui penarikan penuh, banyak dari mereka yang mengenakan seragam memiliki sedikit alasan untuk menolak tuntutan pemberontak untuk bergabung dengan perjuangan mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1427 seconds (0.1#10.140)