Bongkar ‘Skenario Kiamat’, Inggris Sebut Mutasi COVID dengan Tingkat Kematian 35%

Sabtu, 31 Juli 2021 - 16:16 WIB
loading...
A A A
“Peningkatan morbiditas dan mortalitas akan diperkirakan bahkan dalam menghadapi vaksinasi, karena imunisasi tidak sepenuhnya mencegah infeksi pada kebanyakan individu,” ungkap laporan itu.

Laporan tersebut menyarankan sejumlah cara untuk menangani mutasi yang lebih mematikan, termasuk dosis booster vaksin untuk mempertahankan perlindungan terhadap penyakit parah dan langkah-langkah membatasi masuknya varian baru dari luar negeri.

SAGE juga mempertimbangkan kemungkinan varian yang "menghindari vaksin saat ini" dengan mengatakan itu bisa terjadi dalam beberapa cara.

“Penyebab yang paling mungkin adalah bentuk variasi genetik yang dikenal sebagai antigenic drift, yang terjadi ketika virus bermutasi ke titik ketika antibodi yang mencegah infeksi yang disebabkan oleh strain sebelumnya tidak lagi bekerja,” ungkap laporan itu.

Panel menganggap kondisi itu "hampir pasti" terjadi sampai tingkat tertentu. Skenario "kasus terburuk" yang dijelaskan dalam makalah ini mungkin terjadi ketika sistem kekebalan pasien tidak lagi mampu menghasilkan antibodi untuk varian baru, baik karena kontak sebelumnya dengan virus atau sebagai akibat dari "vaksin yang diberikan sebelumnya."

“Skenario kiamat” seperti itu akan membuat pasien “sulit untuk divaksinasi ulang”, tetapi para peneliti menyimpulkan bahwa hasilnya “kurang mungkin”.

Badan yang sama merilis laporan terpisah tentang vaksin pada Jumat, yang menemukan bahwa kekebalan “sangat mungkin” berkurang dari waktu ke waktu.

“Akan ada kampanye vaksinasi terhadap SARS-CoV-2 selama bertahun-tahun yang akan datang,” papar laporan itu.

Namun, laporan tentang varian juga mencatat virus corona baru dapat mengikuti jalur evolusi yang membuatnya menjadi lebih menular tetapi kurang ganas, dengan SAGE membandingkannya dengan "flu biasa."

Laporan itu menambahkan, sementara ini “tidak mungkin dalam jangka pendek,” itu kemudian bisa menjadi “kemungkinan yang realistis” karena virus sepenuhnya beradaptasi dengan inang manusianya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1979 seconds (0.1#10.140)