200 Warga Afghanistan yang Bekerja untuk AS Mulai Hidup Baru di Negeri Paman Sam

loading...
200 Warga Afghanistan yang Bekerja untuk AS Mulai Hidup Baru di Negeri Paman Sam
Total warga Afghanistan yang akan dievakuasi ke AS bisa mencapai 100.000 orang dengan anggota keluarga dihitung. Foto/REUTERS
WASHINGTON - Sekitar 200 warga Afghanistan akan memulai kehidupan baru di Amerika Serikat (AS) pada Jumat ketika pengangkutan udara dilakukan untuk para penerjemah dan orang lain yang membantu pasukan AS.

“Ratusan orang itu berisiko mendapat pembalasan Taliban karena mereka bekerja untuk pemerintah AS selama perang 20 tahun di Afghanistan,” ungkap para pejabat AS.

Operasi untuk mengevakuasi warga Afghanistan yang membantu AS dan anggota keluarga dilakukan ketika penarikan pasukan AS hampir selesai dan pasukan pemerintah berjuang memukul mundur serangan Taliban.

Baca juga: Jet Modul Rusia Menyala Misterius, Stasiun Antariksa Internasional Bergerak Liar



Pesawat pertama yang memuat sekitar 200 warga Afghanistan diperkirakan diangkut dengan bus ke Fort Lee, pangkalan militer AS di Virginia, untuk pemrosesan dokumen akhir dan pemeriksaan medis.

Baca juga: Amerika Serikat Kembalikan 17.000 Artefak Kuno yang Dijarah ke Irak

Warga Afghanistan yang bekerja untuk Amerika Serikat diberikan Visa Imigran Khusus (SIV) yang memberi hak kepada mereka untuk membawa keluarga mereka.

Baca juga: Agustus, Wisatawan yang Telah Divaksin Bisa Kunjungi Arab Saudi

Sebanyak 50.000 orang atau lebih akhirnya dapat dievakuasi dalam “Operation Allies Refuge.”
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top