Kapal Induk Inggris Masuk LCS, China Siaga Tempur Tingkat Tinggi

loading...
Kapal Induk Inggris Masuk LCS, China Siaga Tempur Tingkat Tinggi
Kelompok tempur kapal induk Inggris, HMS Queen Elizabeth, memasuki Laut China Selatan, Angkatan Laut China siaga tempur tingkat tinggi. Foto/Ilustrasi
BEIJING - China mengirim peringatan kepada kelompok tempur kapal induk Inggris , yang dipimpin kapal induk Queen Elizabeth , saat memasuki Laut China Selatan (LCS) yang disengketakan. China memperingatkan agar kelompo tempur Angkatan Laut Inggris itu tidak melakukan tindakan yang tidak pantas.

"Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) berada pada tingkat kesiapan tempur yang tinggi," tulis media China, Global Times, yang dipandang sebagai corong Partai Komunis China (PKC) yang berkuasa, seperti dikutip dari BBC, Jumat (30/7/2021).

China telah memantau dengan cermat kelompok tempur kapal induk Inggris, yang saat ini berlayar melalui Laut China Selatan dalam perhalanan ke Jepang, sambil menuduh Inggris masih hidup di masa kolonial.

China telah mengadakan latihan militer ekstensif di kawasan itu minggu ini, mempraktikkan serangan pantai. Sebuah langkah yang membuat beberapa analis khawatir bahwa negara pada akhirnya sedang bersiap untuk menyerang Taiwan.



"Angkatan Laut PLA akan menggunakan kehadiran kelompok tempur Inggris di Laut China Selatan sebagai kesempatan untuk berlatih dan untuk mempelajari kapal perang terbaru Inggris dari dekat," kata Global Times.

Baca juga: Kapal Perang Inggris Sambangi LCS, China Gelar Latihan Militer

Global Times mengutip juru bicara kedutaan besar China di London yang mengatakan: "Ancaman terhadap kebebasan navigasi hanya bisa datang dari orang yang mengerahkan kelompok tempur kapal induk ke Laut China Selatan setengah dunia dan melenturkan otot angkatan lautnya untuk meningkatkan ketegangan militer di wilayah itu."

Bertentangan dengan putusan pengadilan internasional 2016, China mengklaim sebagian besar laut itu sebagai miliknya dan telah sibuk membangun terumbu karang buatan serta landasan pacu. Beberapa di antaranya dekat dengan perairan teritorial negara-negara tetangga.

Baik kapal perang Amerika Serikat (AS) dan Angkatan Laut Inggris baru-baru ini menantang klaim China atas kedaulatan di Laut China Selatan dengan sengaja berlayar melewatinya.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top