Kapal Perang Inggris Sambangi LCS, China Gelar Latihan Militer

loading...
Kapal Perang Inggris Sambangi LCS, China Gelar Latihan Militer
China gelar latihan militer di Laut China Selatan di tengah kabar kapal perang Inggris telah memasuki wilayah perairan yang disengketakan itu. Foto/Ilustrasi
BEIJING - Angkatan Laut Tentara Pembebasan China (PLAN) mengadakan latihan militer di Laut China Selatan (LCS) minggu ini di tengah laporan kapal perang Inggris telah memasuki wilayah perairan yang disengketakan itu.

Media China, Global Times melaporkan, PLAN akan menutup dua wilayah Laut China Selatan di lepas pantai Provinsi Guangdong China selatan untuk lalu lintas maritim yang menjadi lokasi latihan maritim.

Laporan itu tidak menyebutkan nama kapal perang China yang ambil bagian, tetapi menurut citra satelit yang diperoleh dari Badan Antariksa Eropa pekan lalu, kapal induk PLAN Shandong berada di Laut China Selatan pada waktu itu, dan kapal serbu amfibi Hainan juga berada di sana pada awal bulan ini.

Global Times mencatat bahwa latihan tersebut menunjukkan kesiapan pasukan PLAN, yang telah melihat peningkatan aktivitas yang nyata oleh Amerika Serikat (AS) dan sekutunya di perairan di seluruh China, khususnya di Laut China Selatan, dalam beberapa bulan dan tahun terakhir seperti dikutip dari Sputnik, Rabu (28/7/2021).



Sebelumnya diwartakan bahwa sebuah kapal perang Inggris yang menjadi bagian kelompok tempur kapal induk HMS Queen Elizabeth, HMS Defender, telah memasuki Laut China Selatan. HMS Defender dilaporkan telah memasuki Laut China Selatan untuk operasi kebebasan navigasi.

Hal itu berdasarkan sistem identifikasi otomatis (AIS) yang dikutip oleh media Inggris.

Baca juga: Peringatan China Tak Digubris, Kapal Perang Inggris Masuki Laut China Selatan

Bulan lalu, Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab memperingatkan Beijing bahwa armada Inggris, yang dipelopori oleh kapal baru HMS Queen Elizabeth - yang digambarkan sebagai "bendera" angkatan laut Inggris - akan memasuki Laut China Selatan.

Kapal induk baru Angkatan Laut Inggris itu, berbobot 72.000 ton, memulai tur tugas pertamanya pada bulan Mei. Kapal tersebut berhenti di banyak pelabuhan di sepanjang perjalanan dan melakukan latihan dengan angkatan laut beberapa negara, termasuk AS dan India.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top