Sinovac: Vaksin Kami Efektif Melawan COVID-19 Varian Delta

Jum'at, 23 Juli 2021 - 13:08 WIB
loading...
Sinovac: Vaksin Kami Efektif Melawan COVID-19 Varian Delta
CoronaVac COVID-19, vaksin buatan Sinovac Biotech Ltd yang berbasis di China. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Sinovac Biotech Ltd, pengembang vaksin CoronaVac COVID-19, membela keampuhan vaksin dua dosisnya, termasuk terhadap varian Delta.

Meski belum ada data tentang efek perlindungannya, perusahaan tersebut mengatakan penelitian telah membuktikan kemanjuran vaksin di negara-negara seperti Brazil, Indonesia, Chili dan Turki, di mana vaksin mereka telah digunakan secara luas.



“Itu lebih dari 90% efektif melawan infeksi parah dan rawat inap. Kami juga memperhatikan bahwa tingkat infeksi setelah vaksinasi sangat rendah di negara-negara ini, dan gejalanya juga sangat ringan, di sebagian besar keadaan,” kata juru bicara perusahaan, Liu Peicheng.

"Meskipun ada pengurangan dalam efek penetralnya, vaksin Sinovac (CoronaVac) saat ini tetap efektif terhadap varian Delta,” imbuh Liu, yang berbasis di kantor pusat perusahaan di Beijing, dalam jawaban tertulis atas pertanyaan yang diajukan oleh Bernama, Jumat (23/7/2021).

CoronaVac dari Sinovac adalah vaksin tidak aktif dan salah satu vaksin COVID-19 yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Namun, akhir-akhir ini, ada kekhawatiran tentang kemanjurannya, terutama terhadap varian yang lebih menular seperti Delta.

Pada 16 Juli, pemerintah Malaysia mengatakan akan menghentikan penggunaan vaksin Sinovac dalam Program Imunisasi Nasional COVID-19 (PICK) secara bertahap. Namun, 14 juta dosis vaksin masih akan tersedia untuk negara-negara yang tertarik dan perusahaan swasta mulai bulan ini hingga September.



Mengenai perlunya suntikan booster, Liu mengatakan meskipun penelitian Sinovac telah menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam tingkat antibodi setelah dosis ketiga, perusahaan masih mempelajari kebutuhan untuk itu dan prosedur yang terlibat.

“Sinovac secara aktif melakukan penelitian klinis menggunakan vaksin khusus varian baru sebagai suntikan ketiga untuk meningkatkan kekebalan,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)