Taktik Perang Dingin, CIA Bakal Kerahkan Spesialis China untuk Lawan China

loading...
Taktik Perang Dingin, CIA Bakal Kerahkan Spesialis China untuk Lawan China
Bendera nasional China dan AS berkibar di dekat US Capitol, Washington, saat pertemuan kedua pemimpin tahun 2011. Foto/REUTERS/Hyungwon Kang
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) berencana mengerahkan para spesialis China untuk menghadapi Beijing dalam persaingan yang semakin memanas. Rencana ini dipaparkan Direktur Badan Intelijen Pusat (CIA) William Burns.

CIA mengakui cara tersebut meniru apa yang sudah dilakukan Amerika ketika terlibat Perang Dingin dengan Uni Soviet di masa silam.

Baca juga: Sistem Rudal Buatan Rusia Tembak Jatuh Seluruh Rudal Israel di Homs Suriah

“Selama Perang Dingin, baik di Departemen Luar Negeri maupun di CIA, kami dengan tepat mengerahkan spesialis Soviet untuk membantu memastikan bahwa kami dapat bersaing secara efektif," kata Burns dalam sebuah wawancara hari Kamis dengan NPR yang dilansir Jumat (23/7/2021).



"Saya pikir hal yang sama juga benar dan ini adalah salah satu hal yang saya jajaki sekarang, untuk menyebarkan spesialis China—apakah itu petugas operasi, analis, juga teknolog—untuk membuat kami lebih efektif dalam kompetisi tersebut, dalam persaingan di lapangan juga," lanjut Burns.

Burns mengatakan China adalah tantangan geopolitik terbesar bagi AS di abad ke-21, dan bahwa sektor teknologi adalah area persaingan terbesar antara kedua negara.

Burns menambahkan kemampuan pengawasan teknis canggih China seperti smart cities [kota pintar] telah membuatnya tetap berada di depan dinas intelijen China dan melakukan spionase di luar negeri menjadi jauh lebih rumit.

Sebagai respons, kata Burns, CIA juga harus mengubah keahliannya sendiri.

Baca juga: Militer AS Bombardir Somalia untuk Pertama Kalinya di Era Biden
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top