Korut Miliki 10.000 Artileri, Alasan Korsel Bikin Senjata ala Iron Dome Israel?

Sabtu, 17 Juli 2021 - 12:23 WIB
loading...
A A A
Menurut Jo, yang juga berspesialisasi dalam strategi nuklir, KTSSM Korea Selatan akan membutuhkan waktu untuk menargetkan dan menghancurkan sumber tembakan—artileri dan peluncur roket—yang dapat memberikan cukup waktu bagi Pyongyang untuk menyerang dan menghancurkan fasilitas utama di Seoul.

Sistem pertahanan baru ala Iron Dome Israel yang dikembangkan Korea Selatan akan bertahan melawan ancaman itu, dengan pertahanan anti-rudal Patriot dan Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) sudah dikerahkan untuk bertahan melawan rudal balistik Korea Utara.

Dengan bertahan melawan artileri dan roket Korea Utara di sepanjang DMZ, beberapa ahli percaya provokasi terbatas akan terhalang, dan kecil kemungkinannya untuk meningkat menjadi konflik yang lebih besar yang melibatkan senjata nuklir Korea Utara.

“Tingkat eskalasi Korea Utara sekarang mencapai sangat tinggi—hingga senjata nuklir,” jelas Jo, yang menambahkan bahwa Korea Selatan harus mampu merespons secara khusus ancaman artileri, atau memaksakan risiko yang lebih besar untuk memprovokasi eskalasi.

Pencegah Nuklir

Pengembangan senjata nuklir Korea Utara menciptakan sejumlah tantangan strategis di luar senjata itu sendiri. Ancaman penggunaannya memberanikan Pyongyang, dan menempatkan Seoul pada posisi yang kurang menguntungkan meskipun kekuatan konvensionalnya jauh lebih unggul, dan aliansi dengan Amerika Serikat.

“Kepemilikan senjata nuklir Korea Utara adalah penyebab rusaknya keseimbangan strategis pertahanan rudal sedikit menyesuaikan ketidakseimbangan itu,” jelas Go Myung-hyun, seorang peneliti di Asan Institute for Policy Studies.

Tetapi pertahanan anti-rudal dan anti-artileri dipandang sebagai usaha yang relatif mahal, yang melibatkan penelitian dan pengembangan selama bertahun-tahun, untuk keuntungan yang dapat diperdebatkan. Pengeluaran untuk sistem pertahanan dapat dikompensasikan dengan penyebaran rudal yang lebih ofensif untuk mengatasi sistem pertahanan, dan biayanya akan lebih murah.

“Akan selalu lebih murah bagi penyerang mana pun, baik itu Korea Utara, baik itu Hamas, untuk memperoleh lebih banyak rudal ofensif, daripada bagi para defenders untuk terus membeli pencegat defensif,” kata Panda dari Carnegie.

“Sumber daya yang akan dihabiskan Korea Selatan memiliki biaya peluang di tempat lain, pada apa yang dapat dibelanjakan oleh Korea Selatan untuk senjata ofensif.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)