Korut Miliki 10.000 Artileri, Alasan Korsel Bikin Senjata ala Iron Dome Israel?

Sabtu, 17 Juli 2021 - 12:23 WIB
loading...
A A A
Pada saat yang sama, kompleks industri militer Korea Selatan yang sedang berkembang dapat sangat diuntungkan dari proyek di luar penelitian, pengembangan, dan penyebaran awal untuk Korea Selatan.

“Sistem seperti ini bisa menarik sebagai ekspor potensial,” kata Panda.

Dialog

Namun, beberapa orang dengan keras menentang program tersebut, dengan alasan bahwa pengeluaran militer Korea Selatan yang meningkat—sekarang mendekati USD50 miliar per tahun—yang mendorong perlombaan senjata antar-Korea.

“Artileri jarak jauh adalah ancaman, tetapi militer Korea Selatan dan penyebaran senjata juga merupakan ancaman bagi Korea Utara,” kata Park Jung-eun, sekretaris jenderal Solidaritas Rakyat untuk Demokrasi Partisipatif, sebuah LSM terkemuka Korea Selatan.

Korea Selatan telah meningkatkan perangkat keras militernya di sejumlah bidang, termasuk pengembangan dan penyebaran kapal perusak Angkatan Laut canggih, artileri, sistem roket dan rudalnya sendiri, dan pesawat F-35 Joint Strike Fighter, yang semuanya di garis depan Korea Utara.

Ketidakseimbangan dalam kekuatan konvensional inilah yang mendorong Pyongyang ke strategi alternatif.

“Peningkatan senjata ini pada akhirnya mencegah Korea Utara membuat pilihan lain untuk fokus pada senjata asimetris seperti senjata nuklir dan senjata pemusnah massal,” kata Park.

Kepemimpinan demokratis Korea Selatan menghabiskan lebih banyak uang daripada kaum konservatif, kata Park, yang telah bekerja dalam aktivisme perdamaian selama 15 tahun. Kubu Demokrat ingin menghindari kritik karena bersikap lunak dan menenangkan militer yang kurang antusias dengan inisiatif perdamaian.

Ada juga motivasi perusahaan di balik persetujuan proyek yang begitu mahal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)