Menyedihkan karena Jadi Hotspot COVID-19 Asia, Bangkitlah Indonesia!

Kamis, 15 Juli 2021 - 06:46 WIB
loading...
A A A
Laporan lain dari Nikkei Asia dengan judul "Indonesia overtakes India to become Asia's COVID epicenter [Indonesia Salip India Jadi Episentrum COVID Asia]" juga menyoroti lonjakan rekor kasus infeksi harian di negara ini.

Yang lebih mengkhawatirkan, kata laporan tersebut, adalah bahwa meskipun memiliki lebih banyak kasus infeksi setiap hari, populasi 270 juta penduduk Indonesia hanya seperlima dari India. Menurut data ourworldindata.org, Indonesia sekarang memiliki sekitar 132 kasus per satu juta orang, dibandingkan dengan India 26 pada hari Minggu.

Meski demikian, secara komulatif, penghitungan kasus infeksi virus corona yang dikonfirmasi India masih yang tertinggi di Asia dengan 30,9 juta kasus dan 410.784 kematian pada Selasa, diikuti oleh Indonesia dengan 2.615.529 kasus dan 68.219 kematian.

Tetapi sementara angka India terus turun dari puncak Mei, wabah terburuk di Indonesia sejak awal pandemi belum menunjukkan tanda-tanda melambat.

Menteri Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah sedang mempersiapkan skenario di mana kasus dapat meningkat 30% selama dua minggu ke depan dan mempercepat di daerah lain. Langkah-langkahnya termasuk mengubah lebih banyak tempat tidur rumah sakit biasa menjadi fasilitas perawatan untuk COVID-19.

Pemerintah awal tahun ini menetapkan 30% dari 400.000 tempat tidur rumah sakit secara nasional untuk perawatan COVID-19, tetapi itu dengan cepat terisi setelah eksodus liburan Idul Fitri pada bulan Mei dan ketika varian Delta yang lebih menular menyebar ke seluruh negeri.

Menteri Budi juga berbicara tentang kekurangan tenaga kesehatan, oksigen, dan obat-obatan COVID-19.

Sementara itu, pemerintah Jepang akan mendukung penerbangan khusus untuk warga negara Jepang yang ingin kembali dari Indonesia. Hal itu disampaikan Kepala Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato mengatakan kepada wartawan di Tokyo.

"Dari sudut pandang melindungi warga negara Jepang, kami telah memutuskan untuk mengambil tindakan ... sehingga orang Jepang yang ingin kembali dapat kembali ke Jepang sesegera mungkin, dan sebanyak mungkin orang," katanya.

"Warga Jepang berencana untuk kembali ke Jepang besok melalui penerbangan khusus oleh maskapai Jepang, yang akan didukung oleh pemerintah. Setelah itu, kami berencana melakukan upaya serupa dalam menanggapi permintaan dari warga Jepang," imbuh dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2118 seconds (0.1#10.140)