Iran Tuding Arab Saudi Punya Rencana Nuklir Rahasia

Sabtu, 10 Juli 2021 - 01:06 WIB
loading...
A A A


Persyaratan perjanjian mencakup komitmen untuk memberikan bantuan kepada Iran untuk meningkatkan kualitas industri radiofarmasinya, tetapi penandatangan kesepakatan yang tersisa telah gagal memenuhi komitmen ini setelah penarikan AS dari perjanjian itu.

Sementara itu para pejabat AS telah berulang kali meyakinkan masyarakat internasional bahwa Washington tidak akan pernah membiarkan Arab Saudi menjadi negara senjata nuklir, menunjukkan perkembangan seperti itu akan mengancam keamanan Israel, satu-satunya negara di Timur Tengah yang diduga memiliki senjata nuklir.



Riyadh memulai pembangunan reaktor riset pertamanya di Kota Raja Abdulaziz untuk Sains dan Teknologi pada tahun 2020, dan membangun fasilitas untuk ekstraksi kue kuning uranium dari bijih uranium di kota terpencil di barat laut negara itu pada tahun yang sama.

Pada bulan September 2020, media Inggris melaporkan bahwa sheikdom mungkin telah mengumpulkan cukup bijih uranium untuk menghasilkan bahan bakar nuklir, dan ahli geologi telah menemukan deposit bijih uranium di tiga lokasi terpisah di seluruh negeri. Dalam perkembangan terkait, media AS telah melaporkan bahwa badan-badan intelijen telah melihat apa yang tampaknya menjadi situs nuklir yang tidak diumumkan di dekat kota Arab Saudi al-Uyaynah.

Arab Saudi adalah penandatangan Perjanjian Non-Proliferasi, dan belum menyatakan secara terbuka ambisi untuk membangun senjata nuklir. Namun, pada 2018, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir mengatakan kepada wartawan bahwa jika Iran diizinkan membangun nuklir, Riyadh akan melakukan segala yang mereka bisa untuk melakukan hal yang sama.

Teheran telah lama mengatakan bahwa mereka tidak memiliki rencana untuk memiliki senjata nuklir, dengan program nuklirnya sangat terbatas pada kegiatan komersial damai dan sesuai dengan hukum internasional. Negara itu menolak senjata pemusnah massal pada 1980-an, ketika selama Perang Iran-Irak tahun 1980-1988, negara itu menahan diri dari menggunakan persediaan senjata kimianya untuk membalas serangan kimia Irak terhadap tentara dan kota-kotanya. Iran kemudian menghancurkan senjata-senjata ini sebelum menandatangani Konvensi Senjata Kimia pada pertengahan 1990-an.

Komentar Gharibabadi tentang potensi kegiatan nuklir Arab Saudi bukan pertama kalinya. Diplomat Iran ini kerap mengkritik tetangga Iran dan masyarakat internasional atas dugaan standar ganda mereka terkait dengan masalah nuklir.

Pada bulan Maret, Gharibabadi bertanya mengapa IAEA tampaknya memberikan perlakuan istimewa kepada Israel meskipun statusnya sebagai non-penandatangan NPT, dan mengapa badan tersebut menolak untuk menempatkan fasilitas dan kegiatan nuklir negara itu di bawah rezim perlindungan IAEA meskipun status mereka dicurigai sebagai sebuah negara nuklir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1728 seconds (0.1#10.140)