Iran Tuding Arab Saudi Punya Rencana Nuklir Rahasia

Sabtu, 10 Juli 2021 - 01:06 WIB
loading...
Iran Tuding Arab Saudi Punya Rencana Nuklir Rahasia
Citra satelit menunjukkan pembangunan reaktor riset kecil di Kota King Abdulaziz untuk Sains dan Teknologi di Riyadh. Foto/Sputnik
A A A
TEHERAN - Dua negara Timur Tengah yang telah lama bersaing, Iran dan Arab Saudi , kembali menemukan diri mereka dalam perselisihan di tengah upaya untuk memulihkan hubungan. Terbaru, kedua pejabat negara itu berbalas pantun terkait program nuklir Iran .

Duta Besar Iran untuk Badan Energi Atom Internasional (IAEA), Kazem Gharibabadi, meminta pengawas nuklir internasional itu untuk memeriksa aktivitas nuklir Arab Saudi.

“Untuk Kerajaan Arab Saudi, IAEA tidak diberikan otoritas verifikasi minimum yang diperlukan. Kegagalan untuk menerapkan perlindungan dengan membatalkan (protokol jumlah kecil), dapat memungkinkan mereka untuk menyembunyikan kegiatan nuklir tertentu tanpa mereka tunduk pada inspeksi IAEA,” tweet Gharibabadi seperti dikutip dari Sputnik, Sabtu (10/7/2021).

Sebelumnya, seorang pejabat kementerian luar negeri Aran Saudi yang tidak disebutkan namanya mengungkapkan keprihatinan negara monarki di Teluk Arab itu atas program nuklir Iran. Program nuklir Republik Islam menimbulkan ancaman bagi keamanan regional.

"(Riyadh) sangat prihatin dengan peningkatan laju aktivitas nuklir Iran dan pengembangan kemampuan yang tidak konsisten dengan tujuan damai," kata pejabat itu.

Pejabat tersebut menyebutkan bahwa Arab Saudi menganggap rencana Iran untuk memproduksi 60 persen uranium yang diperkaya murni dan 20 persen logam uranium kemurnian untuk menimbulkan “ancaman yang meningkat” terhadap rezim non-proliferasi, dan untuk menghambat upaya untuk mencapai “kesepakatan nuklir komprehensif yang menjamin global dan keamanan dan stabilitas regional.”



Iran memberi tahu IAEA tentang rencana untuk memproduksi logam uranium yang diperkaya untuk reaktor penelitian di Teheran minggu ini, dengan Gharibabadi menunjukkan bahwa langkah itu akan secara substansial meningkatkan kemampuan Iran untuk memproduksi radio-farmasi, dan menjadikan Republik Islam Iran salah satu negara terkemuka di bidang teknologi nuklir.

Amerika Serikat (AS) dan sekutunya Inggris , Prancis dan Jerman telah menyatakan keprihatinan atas rencana produksi logam uranium Iran, menunjukkan bahwa zat tersebut memiliki potensi aplikasi militer.

Teheran telah menepis kekhawatiran ini, menunjukkan bahwa logam uranium adalah komponen untuk produksi silisida, bahan bakar nuklir canggih, dan mengingat bahwa itu tetap tidak terikat oleh ketentuan Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) setelah Washington dengan keputusan sepihak untuk menarik diri dari perjanjian pada tahun 2018.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)