Sehari Dilanda Gelombang Panas, Kota di Kanada 'Hancur' Akibat Kebakaran Hutan

Jum'at, 02 Juli 2021 - 10:32 WIB
loading...
Sehari Dilanda Gelombang Panas, Kota di Kanada Hancur Akibat Kebakaran Hutan
Kota Lytton di Kanada hancur dalam sehari setelah dilanda kebakaran hutan sehari mencatat rekor gelombang panas sepanjang masa. Foto/Time Colonist
A A A
OTTAWA - Sebuah kota di Kanada yang mencatat rekor cuaca panas nasional minggu ini telah "hancur" oleh kebakaran hutan yang bergerak cepat melanda kota kecil itu dalam beberapa menit setelah gelombang panas yang hebat.

Kobaran api yang bergerak cepat terjadi setelah gelombang panas bersejarah membawa kondisi ekstrem ke Amerika Serikat (AS) Barat Laut dan Kanada Barat. Saat ini ada 99 kebakaran aktif di British Columbia, menurut BC Wildfire Dashboard, dengan 76 kebakaran berkobar dalam dua hari terakhir.

DriveBC, yang menyediakan informasi tentang kondisi mengemudi di provinsi tersebut, melaporkan bahwa dua kebakaran hutan telah menutup jalan raya di utara dan selatan Lytton.

Dalam konferensi pers bersama, Menteri Keamanan Publik British Columbia dan Jaksa Agung Mike Farnworth mengatakan, kebakaran menghancurkan sebagian besar rumah dan bangunan di Lytton. Sementara itu, beberapa penduduk belum ditemukan.

Farnworth menyebut kebakaran itu bencana bagi komunitas Lytton dan mengatakan dia mungkin mengeluarkan keadaan darurat, tergantung pada bagaimana musim kebakaran terus berlanjut.



Perdana Menteri British Columbia John Horgan mengatakan lebih dari 1.000 orang di dalam dan sekitar Lytton terpaksa dievakuasi pada Rabu malam dalam waktu singkat karena api dengan cepat bergerak.

"Lytton telah hancur dan akan membutuhkan upaya luar biasa untuk mengembalikan lokasi bersejarah itu seperti semula," kata Horgan seperti dikutip dari CNN, Jumat (2/7/2021).

Horgan mengatakan 29.000 sambaran petir telah tercatat dalam 24 jam terakhir, memicu beberapa kebakaran hutan.

"Saya tidak bisa cukup menekankan betapa ekstremnya risiko kebakaran saat ini di setiap bagian British Columbia," kata Horgan.

Horgan mengatakan dia telah berbicara dengan Perdana Menteri Justin Trudeau tentang situasi tersebut, yang berjanji pemerintah federal siap untuk mengirim sumber daya ke daerah yang diperlukan.

Horgan memperingatkan bahwa kawasan itu melihat kebakaran hutan yang lebih merusak sebagai akibat dari perubahan iklim.

"Saya menyesal untuk mengatakan bahwa ini adalah ketiga dari lima tahun kebakaran mengerikan dalam waktu saya dalam pekerjaan ini," katanya.

"Ini bukan cara kami biasanya berguling di hutan hujan beriklim sedang," imbuhnya.

"Kita berada dalam lingkungan yang berubah, dan perubahan iklim mempengaruhi semua kehidupan kita dengan cara yang berarti," ujarnya. "Ini jelas ketika Anda melihat rekor suhu yang kami alami di setiap sudut British Columbia," ucapnya.

Hogan mengungkapkan Wali Kota Lytton, yang dengan cepat memberi tahu penduduk tentang kebakaran hutan yang akan terjadi dan mengeluarkan perintah evakuasi, telah "trauma" oleh peristiwa itu.



Wali Kota Jan Polderman mengeluarkan perintah evakuasi pada Rabu malam, menasihati warganya untuk meninggalkan kota dan pergi ke lokasi yang aman, menurut rilis berita yang dikeluarkan.

"Ini mengerikan. Seluruh kota terbakar," kata Polderman kepada CBC News. "Butuh, seperti, 15 menit penuh dari tanda asap pertama, tiba-tiba, ada api di mana-mana," ungkapnya.

"Di kantor band First Nation, api adalah tembok setinggi sekitar tiga, empat kaki naik ke garis pagar. Saya berkendara melalui kota, dan itu hanya asap, api, kabel putus," kata Polderman kepada jaringan berita Kanada.

Video yang diambil oleh penduduk yang melarikan diri dari kota menunjukkan banyak bangunan terbakar di segala arah.

Brad Vis, anggota Parlemen yang mewakili wilayah Lytton, mengatakan dalam sebuah posting Facebook bahwa 90% dari kota terbakar, termasuk pusat kota. Kebakaran juga merusak stasiun hidro, serta infrastruktur kereta api dan jalan raya. Akses jalan raya ke kota terganggu dan ada laporan beberapa korban luka.

Dalam sebuah tweet Kamis pagi, BC Wildfire Service mengatakan pihaknya menanggapi "situasi yang berkembang" di Lytton dengan membantu dinas pemadam kebakaran kota.

Kota terdekat Merritt telah membuka pusat penerimaan pengungsi dari Lytton, menurut halaman Facebook-nya.

Lytton, yang berjarak sekitar 195 mil sebelah timur Vancouver, memiliki populasi sekitar 250 penduduk.

Suhu di Lytton naik menjadi 49,5 C pada hari Selasa, suhu tertinggi yang pernah tercatat di Kanada. Itu adalah hari ketiga berturut-turut rekor dipecahkan di daerah tersebut, menurut ECCC Weather British Columbia.

"Hingga saat ini, provinsi tersebut telah mengalami 450 kebakaran tahun ini," katanya.

Suhu ekstrem telah berdampak buruk di provinsi itu karena lebih dari 230 kematian telah dilaporkan di British Columbia sejak Jumat, kata para pejabat Selasa.

Kepala koroner provinsi menyebutnya sebagai waktu yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Sejak awal gelombang panas akhir pekan lalu, Layanan Koroner BC telah mengalami peningkatan signifikan dalam kematian yang dilaporkan di mana diduga panas ekstrem telah berkontribusi," kata Kepala Koroner Lisa Lapointe dalam sebuah pernyataan.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1478 seconds (0.1#10.140)