Diterjang Hawa Panas, Kanada Catatkan Suhu Tertinggi Dalam Sejarah

Senin, 28 Juni 2021 - 15:20 WIB
loading...
Diterjang Hawa Panas, Kanada Catatkan Suhu Tertinggi Dalam Sejarah
Warga Kanada bermain air, ketika negara itu tengah diterjang gelombang panas. Foto/REUTERS
A A A
OTTAWA - Sebuah "kubah panas" di Kanada barat dan barat laut Pasifik Amerika Serikat (AS) membuat suhu melonjak ke level tertinggi baru. Ini memicu peringatan panas dari Oregon ke wilayah Arktik Kanada.

Lytton di British Columbia, sekitar 250 km timur laut Vancouver,memecahkan rekor untuk suhu tertinggi sepanjang masa Kanadadengan suhu 46,6 derajat Celcius.

Suhu tertinggi yang sebelumnya tercatat di Kanada adalah 45 derajat Celcius di dua kota di tenggara Saskatchewan pada Juli 1937. Baca juga: Kanada Masukkan Milisi Sayap Kanan AS dalam Daftar Teroris

"Saya suka memecahkan rekor, tapi ini seperti menghancurkan dan menghancurkannya. Saat ini lebih hangat di bagian barat Kanada daripada di Dubai, " kata ahli iklim senior Environment Canada, David Phillips.

Menurut Environment Canada, lebih dari 40 suhu tertinggi baru tercatat di seluruh provinsi selama akhir pekan, termasuk di kota resor ski, Whistler.

Environment Canada, seperti dilansir Channel News Asia pada Senin (28/6/2021), mengeluarkan peringatan untuk British Columbia, Alberta, dan sebagian Saskatchewan, Yukon, dan Wilayah Barat Laut.

"Gelombang panas yang berkepanjangan, berbahaya, dan bersejarah akan bertahan hingga minggu ini," katanya. Baca juga: Pemasok Daging Terbesar di Dunia Diserang Ransomware, FBI Tuding Kelompok Rusia

Mereka memperkirakan suhu mendekati 40 derajat Celcius di beberapa wilayah, atau 10-15 derajat Celcius lebih panas dari biasanya.
(ian)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1881 seconds (11.97#12.26)