Iran Masih Pertimbangkan Kemungkinan Lanjutkan Perjanjian dengan IAEA

Senin, 28 Juni 2021 - 20:29 WIB
loading...
Iran Masih Pertimbangkan Kemungkinan Lanjutkan Perjanjian dengan IAEA
Iran mengatakan bahwa pihaknya belum memutuskan apakah akan melanjutkan perjanjian dengan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) atau tidak. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Iran mengatakan bahwa pihaknya belum memutuskan apakah akan melanjutkan perjanjian dengan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) atau tidak. Kerjasama Iran dan IAEA berakhir pekan lalu.

"Belum ada keputusan yang dibuat, baik negatif atau positif, tentang perpanjangan kesepakatan pemantauan dengan IAEA," kata juru bicara Kementerian Luar NegeriIran, Saeed Khatibzadeh.

"Juga belum ada keputusan baru tentang penghapusan data dan rekaman dari kamera IAEA," sambung Khatibzadeh, seperti dilansir Reuters pada Senin (28/6/2021).

Seperti diketahui, IAEA dan Teheran mencapai perjanjian pemantauan tiga bulan pada bulan Februari, setelah Iran mengumumkan akan mengurangi komitmennya terhadap kesepakatan nuklir Iran, termasuk mengurangi kerja samanya dengan IAEA.

Perjanjian tersebut memungkinkan IAEA untuk pemantauan beberapa kegiatan yang seharusnya dihentikan untuk dilanjutkan. Perjanjian itu sejatinya berakhir pada Mei, namun kedua pihak sepakat untuk memperpanjangnya selama sebulan dan berakhir pada 24 Juni lalu.

Pengurangan komitmen ini sendiri adalah bagian dari respon Iran atasmundurnya Amerika Serikat (AS) dari kesepakatan nuklir. Di mana, AS, di bawah pemerintahan Donald Trump, juga mengembalikan semua sanksi terhadap Iran.

Pekan lalu Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran akan segera memutuskan apakah akan memperbarui perjanjian sementara dengan IAEA atau tidak.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1160 seconds (0.1#10.140)