Pentagon Lacak Peluncuran Satelit Iran yang Gagal, Teheran akan Coba Lagi

Rabu, 23 Juni 2021 - 16:01 WIB
loading...
Pentagon Lacak Peluncuran Satelit Iran yang Gagal, Teheran akan Coba Lagi
Pada 19 dan 20 Juni, Planet menangkap dua citra yang menunjukkan Iran membuat persiapan peluncuran Simorgh, menurut pakar di Middlebury Institute of International Affairs, Monterey. Foto/cnn
A A A
WASHINGTON - Pentagon mengawasi saat Iran berusaha, dan gagal, untuk meluncurkan satelit ke orbit awal bulan ini. Beberapa pejabat pertahanan Amerika Serikat (AS) mengatakan aksi Iran itu kepada CNN.

Meski upaya sebelumnya yang dilakukan pada pertengahan Juni itu tidak berhasil, Iran tampaknya bersiap untuk upaya lain dalam waktu dekat.

“Dugaan itu berdasarkan citra satelit yang diambil perusahaan komersial Planet dan Maxar menunjukkan peningkatan aktivitas di Pangkalan Luar Angkasa Imam Khomeini dalam beberapa hari terakhir,” ungkap para ahli di Middlebury Institute of International Affairs di Monterey yang menganalisis foto-foto satelit tersebut.



Wadah bahan bakar, kendaraan pendukung, dan platform bergerak terlihat dalam gambar satelit yang diambil dari situs tersebut baru-baru ini pada 20 Juni.



Menurut para ahli di Middlebury, semua itu merupakan indikator utama peluncuran lain dapat dicoba dalam beberapa hari atau pekan mendatang.



Gambar-gambar itu juga menunjukkan peningkatan aktivitas kendaraan di lokasi peluncuran Khomeini, yang terletak hampir 200 mil sebelah timur Teheran. Menurut para ahli ini merupakan tanda lain dari peluncuran yang berpotensi segera terjadi.

"Komando Luar Angkasa AS mengetahui kegagalan peluncuran roket Iran yang terjadi awal 12 Juni," ungkap juru bicara Pentagon Letnan Kolonel Uriah Orland dalam pernyataan kepada CNN.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1089 seconds (0.1#10.140)