Covid-19 Mewabah di Kebun Binatang, India Tutup Semua Cagar Alam Harimau

Rabu, 09 Juni 2021 - 14:43 WIB
loading...
A A A
"Wabah ini mengikuti delapan kasus positif pada bulan Maret di antara singa di kebun binatang Hyderabad. Wabah serupa juga telah dilaporkan di kandang singa di kebun binatang dan safari di Jaipur dan Etawah," kata rilis berita tersebut.

Sebagai tindakan pencegahan, Tamil Nadu menutup kebun binatangnya untuk pengunjung pada 20 April.

Menurut World Wildlife Fund (WWF) harimau adalah spesies yang terancam punah dan hanya tersisa kurang dari 4.000 di Bumi. Beberapa ribu harimau hidup di cagar alam India, yang populasinya telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir berkat upaya konservasi termasuk perluasan tutupan hutan dan hukuman penjara karena membunuh hewan.

Sejumlah hewan juga telah terinfeksi di belahan dunia lain. Di New York, sejumlah harimau dan singa di Kebun Binatang Bronx dinyatakan positif Covid-19 pada April 2020 setelah menunjukkan gejala termasuk batuk. Mereka kini telah pulih.

Baca Juga: Kasus Pertama di Dunia, Harimau Terinfeksi Virus Corona

Berita itu memicu kekhawatiran di kalangan ahli zoologi - setelah penyebaran berita tentang infeksi Kebun Binatang Bronx, Otoritas Konservasi Harimau Nasional India memerintahkan semua cagar harimau di negara itu untuk mengamati harimau mereka untuk mengetahui gejalanya, dan untuk memastikan semua pawang hewan negatif Covid.

Wabah Covid-19 baru-baru ini datang setelah gelombang kedua melanda India, yang dimulai pada pertengahan Maret dan memuncak pada awal Mei.

Dekan kedokteran hewan dan ilmu kehidupan di City University of Hong Kong, Nikolaus Osterrieder mengatakan, serangan itu membunuh puluhan ribu orang, membuat jutaan orang sakit, membuat negara terguncang dan menempatkan hewan pada risiko infeksi yang lebih besar juga.

"Mungkin bukan kebetulan bahwa di India, di mana Anda memiliki jumlah kasus yang tinggi, penularan ke hewan terjadi sebagai konsekuensi langsung," katanya.

"Semakin banyak kasus pada manusia, semakin tinggi kemungkinan hewan, termasuk hewan kebun binatang, terinfeksi," imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)