Penderitaan RS di Gaza, Belum Tuntas Pandemi Covid-19, Datang Serangan Israel

Senin, 07 Juni 2021 - 05:00 WIB
loading...
Penderitaan RS di Gaza, Belum Tuntas Pandemi Covid-19, Datang Serangan Israel
Ilustrasi
A A A
GAZA - Beberapa pekan yang lalu, sistem kesehatan yang lemah di Jalur Gaza sedang berjuang dengan lonjakan kasus virus Corona yang tak terkendali. Pihak berwenang membersihkan ruang operasi rumah sakit, menangguhkan perawatan yang tidak penting dan memindahkan dokter kepada pasien yang mengalami kesulitan bernapas.

Kemudian, bom mulai berjatuhan. Serangan udara Israel tidak henti-hentinya menghantam kota yang sudah berada dalam blokade selama satu dekade tersebut.



Serangan Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 200 warga Palestina, termasuk anak-anak dan wanita. Serangan udara telah menggempur apartemen, meledakkan mobil dan merobohkan gedung.

Para dokter di seluruh daerah kantong pantai yang padat sekarang merelokasi tempat tidur unit perawatan intensif dan berjuang untuk mengatasi krisis kesehatan yang sangat berbeda, merawat luka ledakan dan pecahan peluru, luka perban, dan melakukan amputasi.

Kerabat yang putus asa tidak menunggu ambulans, bergegas membawa mereka yang terluka dengan mobil atau berjalan kaki ke Rumah Sakit Shifa, yang terbesar di wilayah itu. Dokter yang kelelahan bergegas dari pasien ke pasien, dengan panik membalut luka pecahan peluru untuk menghentikan pendarahan. Yang lainnya berkumpul di kamar mayat rumah sakit, menunggu dengan tandu untuk mengeluarkan mayat untuk dimakamkan.



Di Rumah Sakit Indonesia di abaliya, klinik meluap setelah bom jatuh di dekatnya. Darah ada di mana-mana, dengan korban tergeletak di lantai lorong. Kerabat memadati UGD, berteriak mencari orang yang dicintai dan mengutuk Israel.

"Sebelum serangan militer, kami mengalami kekurangan besar dan hampir tidak dapat menangani gelombang kedua (virus). Sekarang korban datang dari segala arah, korban sangat kritis," kata pejabat Kementerian Kesehatan Gaza, Abdelatif al-Hajj seperti dilansir Al Arabiya.

Dihancurkan oleh konflik bertahun-tahun, sistem perawatan kesehatan di wilayah dengan populasi lebih dari 2 juta orang selalu rentan. Perpecahan pahit antara Hamas dan Otoritas Palestina yang berbasis di Tepi Barat dan hampir 14 tahun blokade yang diberlakukan oleh Israel dengan bantuan Mesir juga telah mencekik infrastruktur.

Ada kekurangan peralatan dan perbekalan, seperti kantong darah, lampu bedah, anestesi, dan antibiotik. Perlengkapan pelindung pribadi, mesin pernapasan, dan tangki oksigen bahkan lebih langka.



Pada April, kasus harian dan kematian akibat Covid-19 di Gaza mencapai rekor tertinggi, didorong oleh penyebaran varian yang pertama kali muncul di Inggris, pelonggaran pembatasan pergerakan selama Ramadan dan memperdalam sikap apatis, dan sikap keras kepala publik.

Di wilayah yang dilanda bom, di mana tingkat pengangguran mencapai 50 persen, kebutuhan akan kelangsungan hidup pribadi sering kali mengalahkan permintaan para ahli kesehatan masyarakat. Sementara pengujian virus tetap terbatas, wabah telah menginfeksi lebih dari 105.700 orang dan menewaskan 976 orang.

Ketika kasus meningkat tahun lalu, menimbulkan kekhawatiran akan bencana perawatan kesehatan, pihak berwenang menyisihkan klinik hanya untuk pasien Covid-19. Tapi itu berubah ketika serangan udara menghantam wilayah itu.



Direktur Rumah Sakit Eropa di kota Khan Younis, Yousef al-Akkad, mengatakan, para perawat dengan panik membutuhkan kamar untuk yang terluka, memindahkan puluhan pasien virus di tengah malam ke gedung yang berbeda.

"Para ahli bedah dan spesialisnya, yang telah ditempatkan di tempat lain untuk mengatasi virus tersebut, bergegas kembali untuk mengobati cedera kepala, patah tulang, dan luka di perut. Jika konflik meningkat, rumah sakit tidak akan dapat merawat pasien virus," kata al-Akkad.

“Kami hanya memiliki 15 tempat tidur perawatan intensif, dan yang bisa saya lakukan hanyalah berdoa. Karena rumah sakit kekurangan persediaan dan ahli bedah, saya sudah mengatur untuk mengirim satu anak ke Mesir untuk operasi bahu rekonstruksi. Saya berdoa serangan udara ini akan segera berhenti," sambungnya.



Direktur Rumah Sakit Shifa, Mohammed Abu Selmia menyesalkan serangkaian pukulan terbaru terhadap sistem kesehatan Gaza.

“Jalur Gaza dikepung selama 14 tahun, dan sektor kesehatan habis. Kemudian datang pandemi virus Corona,” katanya. Dia mengatakan bahwa sebagian besar peralatan sudah setua blokade dan tidak dapat dikirim untuk diperbaiki.

Sekarang, timnya yang sudah tertekan oleh kasus virus sedang merawat para korban pemboman, lebih dari setengahnya adalah kasus kritis yang membutuhkan pembedahan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1145 seconds (0.1#10.140)